JM Hot News - шаблон joomla Окна

Sebagai upaya dalam melakukan perlindungan terhadap sumber daya genetik lokal, Kepala BPTP Sumut beserta tim SDG

mengunjungi  Kantor Dinas Pertanian Kota Binjai untuk mengumpulkan dan menginventaris tanaman varietas lokal di Kota Binjai.

Plt. Kepala Dinas Pertanian Kota Binjai, Bapak Yuspik Helmi menerima dengan hangat kunjungan Kepala BPTP Sumut beserta rombongan. Beliau menjelaskan bahwa varietas lokal Kota Binjai yang sudah di lakukan pelepasan varietas yaitu Cempedak guling, rambutan, alpokat, dan durian.

Dr. Khadijah EL Ramija menjelaskan bahwa tujuan dari pendaftaran varietas lokal yaitu untuk melindungi varietas lokal yang dimiliki oleh daerah secara hukum agar tidak diambil atau diakui oleh pihak lain/ daerah lain.

Kemudian beliau menjelaskan bahwa BPTP membantu pemerintah daerah dalam melakukan pendaftaran varietas lokal melaui tahapan kegiatan yaitu eksplorasi, identifikasi, inventarisasi, konservasi, karakterisasi dan pendaftaran yang telah berlangsung sejak beberapa tahun lalu. "Tahapan pendaftaran varietas yaitu eskplorasi, identifikasi, inventarisasi, konservasi, karakteristik, dan yang terakhir yaitu pendaftaran" ujarnya.

Kepala BPTP Sumut beserta tim SDG kemudian mengunjungi penangkar bibit buah unggul milik Bapak Arifin Nasution dan Bapak Sunardi. Kedua Penangkar benih tersebut ditempat yang berbeda memberikan banyak informasi mengenai tanaman buah yang dibudidayakan dan dikembangkan.

"Beragam jenis bibit buah sudah saya kembangkan dan saya coba melakukan eksperimen sehingga muncul varietas-varietas buah  diantaranya Cempedak Guling status F1, Durian Selat, Jambu Madu, Manggis, Mangga Mahatir, Durian bintana, sawit serta banyak ragam buah lainnya dengan ragam jenis", ujarnya.

Pak Arifin berani dalam melakukan eksperimen. Eksperimen yg sedang dilakukan yaitu membuat brown sugar dari cempedak. "Ternyata air dari cempedak dapat dibuat menjadi brown sugar dengan brix rendah sehingga bisa dikonsumsi untuk orang yang memiliki sakit diabetes" ujarnya. Bapak Arifin menyambut positif rencana Kepala BPTP Sumut dan tim SDG yang akan membantu pendaftaran varietas untuk beberapa tanaman alpokat dan durian.

#jayalahpertanian
#pertanianmajumandirimodern