JM Hot News - шаблон joomla Окна

Pemerintah terus berupaya agar pertanian Indonesia terus bertumbuh terkhusus dalam menghadapi pandemic covid-19.

Program pemerintah untuk peningkatan kesejahteraan petani telah di lakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah menciptakan suatu kawasan yang memenuhi semua kebutuhan petani dan masyarakat dari hulu hingga hilir sehingga petani dapat terbantu dan merasakan mudahnya dalam membuat suatu produk dengan harga yang terjamin. Kegiatan food estate adalah salah satu yang di ciptakan untuk kesejahteraan petani.

Di Sumatera Utara, Humbang Hasundutan sebagai Kabupaten yang telah melaksanakan program food estate pada tahun 2020. Program ini masih terus berlanjut dan melibatkan banyak tenaga pendamping untuk para petani. Untuk tahun 2021, BPTP Sumatera Utara mendapat tugas untuk mendiseminasikan hasil inovasi dan teknologi kepada para petani. Untuk itu pada tanggal 10 juni 2021, tim penyuluh BPTP berkunjung ke BPP Pollung, dan di sambut oleh Pimpinan BPP Pollung. Penyuluh BPTP Sumut menyampaikan tujuan dan maksud kedatangan ke BPP adalah untuk menjaring kebutuhan materi apa yang dibutuhkan petani agar dapat meningkatkan pengetahuan dan semangat para petani untuk terus lanjut bertanam di lahan yang sudah tersedia.

Kepala BPP menyampaikan, petani saat ini membutuhkan materi bagaimana pengolahan lahan dengan alsintan yang sesuai dan menata lahan yang benar dengan kondisi lahan yang berbukit-bukit, sehingga jika  hujan turun dapat mengurangi terkikisnya tanah, pengendalian hama penyakit di tanaman kentang dan bawang merah, serta bagaimana mengubah pola pikir petani untuk bekerja secara intensif dalam memelihara tanamannya. Saat ini kondisi pertanaman sudah selesai panen, dan pada musim tanam berikutnya, sebagian lahan akan dimanfaatkan oleh petani untuk bertanam kol, cabai dan kacang merah. Pada akhir pertemuan, tim penyuluh BPTP Sumut dan kepala BPP  mengunjungi lahan food estate, dimana kondisi saat ini jalan produksi sedang dalam perbaikan.