JM Hot News - шаблон joomla Окна

Kultur jaringan mungkin bukan hal yang awam didengar oleh masyarakat. Kultur jaringan merupakan suatu istilah dalam ilmu

biologi yang mengacu pada perbanyakan bibit tanaman. Jika dilihat dari tujuannya, kultur jaringan mungkin sudah banyak dilakukan pembudi daya tanaman dalam usaha memperbanyak bibit secara tradisional. Kultur jaringan sudah dimanfaatkan oleh usaha-usaha skala besar dan laboratorium canggih dalam memperbanyak bibit tanaman-tanaman dalam rangka pelestarian.

Buku Cara Mudah Memahami Dan Menguasai Kultur Jaringan Skala Rumah Tangga ini ditulis oleh Edhi Sandra. Buku ini diterbitkan oleh IPB Press pada tahun 2013. Buku ini bertujuan untuk mendekatkan usaha kultur jaringan ke masyarakat dan masuk ke dalam sektor rumah tangga. Sehingga kultur jaringan dapat membuka peluang usaha di masyarakat. Dalam buku ini juga akan dijelaskan mengenai penanganan permasalahan kultur jaringan sehingga selama ini sulit masuk ke sektor rumah tangga.

Isi dan Kelebihan Buku Buku ini memiliki panjang 23 cm, dengan terdiri dari 112 halaman. Terdapat 10 bab yang membahas tentang kultur jaringan. Dalam buku ini, terdapat beberapa pembahasan yang bisa dibaca dan dipelajari pada setiap babnya, pada bab pertama menjelaskan tentang apa itu kultur jaringan, pada bab kedua menjelaskan tentang laboratorium kultur jaringan skala rumah tangga, pada bab ketiga menjelaskan tentang tahapan dalam kultur jaringan, lalu pada bab keempat menjelaskan tentang media kultur jaringan, selanjutnya pada bab kelima menjelaskan tentang eksplan (bagian tanaman yang akan dikulturkan), pada bab keenam menjelaskan tentang sterilisasi, lalu di bab ketujuh menjelaskan tentang inkubasi dan aklimatisasi, selanjutnya pada bab delapan menjelaskan tentang berbagai teknik kultur jaringan, lalu pada bab sembilan menjelaskan tentang hormon atau zat pengatur tumbuh, dan yang terakhir pada bab sepuluh sebagai bab tambahan menjelaskan tentang proses inisiasi tanaman hias aglaonema.

Buku ini sangat bermanfaat sebagai panduan bagi pembaca dan masyarakat untuk semakin mengenal kultur jaringan dan mau mencobanya di rumah. Buku ini dapat dibaca di Perpustakaan BPTP Sumut.