JM Hot News - шаблон joomla Окна

Komoditas padi merupakan komoditas yanh tidak asing dibudidayakan di Sumatera Utara bahkan Indonesia. Hampir dengan

mudah komoditas ini bisa dijumpai di berbagai kondisi baik dataran tinggi ataupun rendah. Bahkan padi mulai dikembangkan di lahan marginal seperti rawa atau bekas tambang.

Meskipun padi merupakan komoditas mayoritas, perkembangan sistem agribisnis padi masih menjumpai kendala. Hal ini ditunjukkan dengan berbagai fenomena diantaranya mayoritas kepemilikan lahan yang kecil, lemahnya fungsi lembaga tani, dan fluktuasi harga padi.

Guna menghasilkan output kajian yang tepat sasaran, BPTP Sumut melakukan survey pendahuluan mendukung kegiatan Hilirisasi Inovasi Teknologi Padi di desa Pulau Gambar, Kec. Serba Jadi, Kab. Serdang Bedagai. Tim peneliti yang berperan terdiri dari berbagai kepakaran seperti sosial ekonomi, sumberdaya, budidaya, dan pasca panen. Potensi peningkatan nilai tambah di kelompok tani bisa ditingkatkan dengan melakukan diversifikasi produk dan efisiensi penggunaan sumber daya selama budidaya.

Kegiatan survey pendahuluan dihadiri oleh PPL, pengurus kelompok tani dan anggota kelompok tani. Acara berjalan baik karena diskusi berjalan mengalir. Petani merespon pertanyaan tim dan memberikan umpan balik baik berupa pertanyaan maupun bercerita tentang kondisi eksisting.