JM Hot News - шаблон joomla Окна

Program food estate merupakan program priorotas nasional dalam perwujudan ketahanan pangan. Saat ini, setidaknya tiga

kawasan food estate yang sedang berkembang yakni Sumatera Utara, Kalimantan Tengah dan Nusa Tenggara Timur. Upaya pengembangan food estate ternyata masih terus berlanjut dengan memunculkan wilayah pengembangan baru berdasarkan usulan dari pemerintah daerah.

Skema pembangunan food estate kedepannya berorientasi meningkatkan produktivitas dan peningkatan eksport. Pengembangan food estate pun tidak hanya tangung jawab pemerintah pusat, melainkan penggabungan antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan swasta.

Hari Selasa (28/4), BPTP Sumatera Utara mendapat kunjungan tamu dari tim identifikasi dan verifikasi pusat dengan tujuan merespon usulan pemerintah daerah untuk pembangunan wilayah food estate yang baru. Terdapat tiga kabupaten yang diusulkan dan akan menjadi objek penilaian tim evaluasi, yakni Kabupaten Deli Serdang dengan komoditas padi, Kabupaten Karo dengan komoditas Jagung, dan Kabupaten Dairi dengan komoditas ubi jalar.

Hadir dalam rapat singkat tersebut Kepala Dinas Pertanian dan jajaran untuk membahas persiapan FGD yang rencana akan diadakan pada keesokan harinya. Tidak berselang lama, Kepala BPTP Sumatera Utara dan tim evaluasi pusat mendatangi Asisten Deputi Bidang Perekonomian, Provinsi Utara dalam hal koordinasi evaluasi pengembangan wilayah food estate.

Asdep Perekonomian, Ir. Arief Sudarto Trinugroho, MT, dalam rapat tersebut menyampaikan arahan agar keinginan pemerintah daerah sesuai dengan kemauan pemerintah pusat sehingga kolaborasi kerjasama dapat berjalan dengan baik. Hasil pertemuan hari ini akan ditindaklanjuti dengan acara FGD terbatas yang akan diselenggarakan hari Rabu (29/4) bertempat di kantor dinas pertanian Prov sumatera Utara.

Semakin banyak kawasan yang dikembangkan dengan konsep modern Food Estate diharapkan akan mampu meningkatkan daya saing kompetitif dan komparatif sehingga kesejahteraan petani dan peningkatan ketahanan pangan nasional.

#JayalahPertanianIndonesia