JM Hot News - шаблон joomla Окна

Perubahan iklim adalah berubahnya iklim yang diakibatkan langsung atau tidak langsung oleh aktivitas manusia. Hal ini dapat

diamati dengan adanya perubahan pola, intensitas atau pergeseran parameter utama iklim seperti curah hujan, suhu, kelembaban, angin, tutupan  awan dan penguapan. Perubahan iklim berdampak pada ekosistem dan manusia di seluruh bagian benua dan samudera di dunia. Perubahan iklim dapat menimbulkan risiko besar bagi kesehatan manusia, keamanan pangan, dan pembangunan ekonomi.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Presiden Republik Indonesia dalam acara Climate Adaptation Summit Tahun 2021 telah menyampaikan komitmen Indonesia dalam menangani perubahan iklim melalui Program Kampung Iklim dengan target 20.000 Desa pada tahun 2A24. Untuk mencapai target tersebut diharapkan pelaksanaan Proklim terus diperkuat dan ditingkatkan efektifitas penyelenggaraarmya sehingga dapat memberikan kontribusi nyata pada masyarakat yang berketahanan iklim serta menerapkan pola hidup rendah emisi Gas Rumah Kaca.

Rabu (21/4), Kepala BPTP Sumut, Dr. Khadijah EL Ramija menghadiri sosialisasi dan pendampingan yang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara. Sosialiasi tersebut ditujukan kepada Perangkat Daerah Lintas Sektor, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota dan Stakeholder terkait yang akan mendaftarkan Kampung Iklim di lokasi masing-rnasing melalui Sistem Registrasi Nasional Pengendalian Perubahan Iklim (SRN PPI) dan Sistem Perhitungan Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca secara Cepat, Tepat dan Responsible untuk Masyarakat (SPECTRLM).