JM Hot News - шаблон joomla Окна

Bulan suci Ramadhan sudah didepan mata. Sebelum memasuki Ramadhan, BPTP Sumut melakukan kegiatan panen bawang

merah di Taman Agro Inovasi. Varietas bawang merah yang ditanam yaitu Batu Ijo dan ditanam pada bulan Februari.

Bawang merah varietas Batu Ijo  dilepas tanggal  2 Juni 2004 berasal dari  Batu Malang yang mempunyai daya adaptasi tinggi, bisa ditanam pada lahan dengan ketinggian mulai 50 m dpl hingga ketinggian 1.100 m dpl. Budidaya Batu Ijo di dataran rendah biasanya umur panennya lebih pendek yaitu sekitar 55 hari setelah tanam sedangkan di dataran tinggi umur panen bawang merah Batu Ijo lebih panjang yaitu sekitar 65 hari. Jumlah Anakan sekitar 2 – 5 umbi per rumpun. Memiliki bentuk umbi   bulat  dan warna umbi  merah muda dengan berat per umbi  15 – 25 gram dan berat umbi basah (panen) : ± 92 gram per rumpun  dan potensi hasil : ± 18,5 ton umbi kering per hektar.

Bawang merah Batu Ijo sangat disukai oleh petani karena selain ukuran umbinya yang besar juga mempunyai kemampuan toleran terhadap penyakit Fusarium dan Hama Spodoptera Sp. Turut serta dalam kegiatan panen tersebut Kepala Balai, Dr. Khadijah EL Ramija, SPi, MP, Kasubag TU, Ahmad Tohir Harahap, SP, MSi, dan Subkoordinator KSPP, Mustafa Hutagalung, SP, MP.

Menjelang ramadhan, biasanya ada kenaikan harga bahan pokok, salah satunya bawang yang menjadi primadona utama dalam perbumbuan. Namun, kenaikan harga diharapkan masih dalam rentang yang wajar. Bagaimana menurut sobatani? Silahkan berkomentar ya ..

#JayalahPertanianIndonesia