JM Hot News - шаблон joomla Окна

Dalam rangka meningkatkan Kapasitas SDMnya, Kepala BPTP Balitbangtan Sumatera Utara Dr. Khadijah EL Ramija, S.Pi, MP

turut serta menghadiri acara Expose Inovasi Buah Tropika di Balitbu Tropika, Solok, Sumatera Barat dengan melibatkan beberapa peneliti dan Kepala IP2TP Gurgur yang berlangsung pada 6 – 9 April 2020. Expose Inovasi Teknologi ini digelar dalam rangka mendiseminasikan inovasi teknologi yang dihasilkan oleh Balai Penelitian Buah Tropika, dengan tema “ Diseminasi Inovasi Teknologi  Mendukung Diversifikasi Pangan dan Pengembangan Industri Buah Tropika yang Maju, Mandiri dan Modern.

Kegiatan yang digelar terdiri dari Informasi Teknologi, Display Varietas, Koleksi Plasma Nutfah, Distribusi Benih, Temu Bisnis dan Bimbingan Teknis. Satu hal yang membangggakan adalah acara ini dihadiri langsumg oleh Menteri Pertanian RI, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S. H., M.Si., M. H., yang sering disingkat SYL. Bapak Mentan dalam sambutannya mengatakan Sumatera Barat merupakan daerah yang menjanjikan, daerah yang di depan mata ada kesejahteraan, sehingga pertanian merupakan pilhan yang tepat.

Pada kenyataannya , bukan hanya di Sumatera Barat, namun di seluruh provinsi di  Indonesia  hanya sektor pertanian yang memiliki pertumbuhan 16,42 persen dan ekspornya bertumbuh sebesar 15,2%  yang membuat Negara Indonesia tidak terpuruk seperti negara lain di masa pandemi ini. Menurut Beliau, sektor pertanian akan semakin kuat jika didukung oleh riset dan inovasi yang berkelanjutan.  Bapak mentan juga mengatakan jangan biarkan uangmu terbuang percuma, beliau mencontohkan salah satunya jika bisa ditanami tiga kali kenapa harus satu kali, jika budidaya tidak ada masalah dilanjutkan dengan menggarap industri pengolahannya dihilir.  Harapan Bapak Mentan  melalui Wakil Gubernur agar konsentrasi atau fokus pada salah satu komoditas untuk menembus hingga pasar Eropa, untuk dananya Bapak Mentan berjanji akan melibatkan Perbankan.

Acara ini juga dihadiri oleh jajaran Pejabat Eseleon 1, 2, dan 3 Lingkup Kementerian Pertanian, Wakil Gubernur Sumbar serta jajaran pimpinan Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten di Sumatera Barat.