JM Hot News - шаблон joomla Окна

Tim BPTP SUMUT dan tim Dinas tanaman pangan Kabupaten Serdang Bedagai mengunjungi ketua tim asosiasi tanaman porang

untuk Kabupaten Serdang badagai Bapak M. Yunus, beliau sangat senang menyambut kedatangan kami karena saat ini beliau sedang bekerja keras mengajak masyarakat di Serdang Bedagai untuk bercocok tanam porang.

Bapak M. Yunus mengatakan bahwa saat ini tanaman porang sudah tersebar di beberapa kecamatan di Serdang Bedagai antara lain di Sei Rampah, Dolok Masihul , Pegajahan, Silinda, Perbaungan, Tebing Syahbandar. Petani sangat tertarik untuk menanam porang mengingat dari mulai umbi sampai katak nya dapat di jual dengan harga yang sangat fantastis.

Untuk umbi dalam keadaan basah dapat dijual dengan harga 9 - 10 rb/kg , umbi dalam bentuk cip dgn kadar air 12 % dapat di jual dgn harga 50 - 60 rb/kg . Umbi dalam bentuk tepung di jual dgn harga sekitar 300 rb/kg sedangkan katak nya dapat di jual dgn harga 450/kg.

Beliau sangat berharap kepada pemerintah agar memberikan perhatian kepada petani porang mengingat saat ini sulit mendapatkan pupuk bersubsidi khusus nya di Kab. Serdang Bedagai. Beliau sangat yakin bahwa tanaman porang dapat meningkatkan pendapatan petani.