JM Hot News - шаблон joomla Окна

Memilih bibit tidak boleh dilakukan dengan sembarangan ketika hendak memulai Budidaya Bawang Merah. Ada banyak bibit

super yang bisa dipilih, seperti Bima Brebes, Batu Ijo,  Timor, Keling dan Banteng. Dimana bibit bawang merah ini yang rata - rata masa panennya antara 60-70 hari, bibit ini bisa diperoleh dengan cara membeli di toko pertanian.

Namun bila hendak membuat bibit bawang merah sendiri pun tidak masalah untuk mendapatkan benih unggulan. Yakni yang harus diperhatikan adalah bahwa bawang merah dipanen lebih tua dari usia ideal panen, sekitar 80 hari. Kemudian bawang merah tersebut di simpan selama 2-3 bulan, lalu dilakukan sortir. Benih bawang merah yang layak panen adalah bawang merah berakar, bertunas, utuh, tidak busuk, dan tidak keriput.

Seperti yang dilakukan di IP2TP Gurgur sebagai pusat perbenihan bawang merah dan putih, penyortiran benih bawang merah bertujuan untuk menjaga mutu dan kualitas benih. Benih yang baik memiliki tingkat pertumbuhan yang tinggi sehingga bisa menekan kerugian biaya akibat benih yang busuk dan afkir.

Mengintip kegiatan berikutnya, akan dilakukan pertanaman bawang merah seluas 1 hektar di IP2TP Gurgur. simak terus FP BPTP Sumatera Utara untuk mengetahui update terkini di IP2TP Gurgur. semoga teknologi perbenihan dan budidaya bawang merah bisa didesiminasikan dengan baik di IP2TP Gurgur dan sekitarnya.

#JayalahPertanianIndonesia