JM Hot News - шаблон joomla Окна

Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Gurgur, Kabupaten Toba, Sumatera Utara yang merupakan

kebun percobaan milik Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Sumatera Utara. Inspektur Jenderal Kementan didampingi oleh Inspektur I Ir. Susanto, MM, Inspektur Investigasi Sotarduga Hutabarat dan Kepala Puslitbang Hortikultura  Dr. IR. M. Taufik Ratule melakukan kunjungan ke IP2TP Gurgur dalam rangka meninjau hasil panen bawang putih mendukung program food estate Humbahas.

Dalam kunjungannya Bapak Inspektur I Ir. Bambang, M.M. menyampaikan bahwa BPTP Balitbangtan Sumut melalui IP2TP Gurgur telah berhasil memproduksi benih bawang putih, diharapkan nantinya dapat mendukung kebutuhan benih pengembangan kawasan bawang putih di wilayah Sumatera Utara.

“Kita berikan apresiasi pada kebun percobaan Gurgur yang telah sukses dalam budidaya bawang putih, bahkan dapat menghasilkan benih bermutu yang dapat menopang kebutuhan benih bagi petani bawang putih diwilayah Sumatera Utara” ujar Ir. Bambang, M.M., Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian, saat mengunjungi KP Gurgur.

Lebih lanjut, Bapak Inspektur didampingi Kepala BPTP Balitbangtan Sumatera Utara Dr. Khadijah EL Ramija, SPi, MP mengungkapkan bahwa saat ini KP Gurgur memiliki ketersediaan benih bawang putih sebanyak 12.258 kg yang merupkan hasil panen sejak bulan Januari sampai dengan Februari 2021.  Selain benih bawang putih, KP Gurgur juga sukses memproduksi benih bawang merah dan benih kentang. “Harapan kami, benih yang dihasilkan dari KP ini, juga dapat mensuport kegiatan Food Estate yang dikembangkan di Kabupaten Humbang Hasundutan”.