JM Hot News - шаблон joomla Окна

Untuk memenuhi target surplus 10 juta ton beras pada tahun 2014 diperlukan upaya dan  strategi  perencanaan tanam antara lain berdasarkan prakiraan iklim yang akurat, teknologi spesifik lokasi  berserta informasi rekomendasi kebutuhan sarana produksi. Oleh karena itu Badan Litbang Pertanian telah mengembangkan alat bantu bagi petani untuk menentukan waktu tanam yang ideal menurut kondisi agroekologi wilayah setempat.  Alat bantu tersebut dikenal dengan Kalender Tanam atau KATAM yang sejak tahun 2012 sudah diperbahurui menjadi  KATAM TERPADU.   Melalui perangkat ini diharapkan dapat memberikan informasi terbaru yang lebih update, mulai jadwal tanam, informasi status hara pada setiap provinsi, kabupaten, kecamatan  berikut  rekomendasi varietas unggul dan pupuk.  Katam Terpadu merupakan panduan operasional pada level masyarakat dan kecamatan.  Saat ini informasi  Katam Terpadu sudah  dapat dengan mudah diakses melalui website dan perangkat telefon seluler.  

Sebagai teknologi baru Katam Terpadu terus menerus disosialisasikan mulai dari tingkat provinsi sampai ke tingkat desa terutama kepada para pemangku kebijakan sampai kepada penyuluh pertanian lapangan.  Untuk itu peneliti/penyuluh BPTP Sumatera Utara saat ini sedang melakukan sosialisasi di 33 kabupaten di Sumatera Utara, salah satunya sosialisasi Katam Terpadu di Kabupaten Asahan yang dilaksanakan di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Asahan pada tanggal 10 April 2014 oleh penyuluh (Ir. Siti Suryani MEd.) dihadapan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Asahan beserta seluruh jajarannya, Badan Penyuluhan Pertanian, Perikanan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Asahan, Badan Pusat Statistik Kabupaten Asahan, Dandim serta 17 Kepala UPTD se Kabupaten Asahan yang mewakili 25 kecamatan.

Kegiatan tidak hanya sosialisasi saja namun diikuti dengan pemuktahiran data terutama data luas baku sawah yang ternyata hampir 90% tidak tepat seperti yang ada di website.  Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Asahan Ir. Oktoni Eryanto, MMA. menyambut baik adanya kegiatan sosialisasi ini karena informasi KATAM sangat bermanfaat sehingga perlu diketahui dan dikuasai oleh seluruh aparat pertanian terdepan untuk merancang waktu tanam yang ideal, apalagi Kalender Tanam juga didasarkan pada prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).   (SS/04/2014)