JM Hot News - шаблон joomla Окна

Siapa yang tak kenal dengan buah mangga ? Buah yang satu ini sangat populer dan merakyat. Juga telah menjadi primadona

sejak dahulu bagi semua kalangan, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Tak dapat dipungkiri komoditas yang satu ini memang selalu digandrungi, tidak saja dalam keadaan masak, bahkan saat belum masak pun sudah banyak dicari. Meskipun banyak buah lain yang membanjiri, posisi mangga tetap tidak pernah tergeser atau tergantikan.

Melihat fenomena buah mangga yang luar biasa, budidaya mangga patut diperhitungkan baik untuk dikonsumsi sendiri maupun sebagai komoditi yang dijual yang dapat memberikan keuntungan yang menggiurkan. Tanaman mangga dapat dibudidayakan di lahan yang sempit seperti di pekarangan rumah bahkan dalam pot (tabulampot) dan dapat dilakukan oleh semua orang secara sederhana.

Tabulampot atau Tanam Buah Dalam Pot adalah salah satu metode alternatif untuk menanam tanaman di lahan sempit. Hampir semua tanaman buah bisa untuk ditanam di dalam pot tapi tidak semua dapat berbuah. Beberapa jenis tanaman mangga yang bisa dijadikan tabulampot adalah varietas chokanan, namdokmai, modenko, mangga apel, irwin, manalagi, pawpaw, kiojay, dan arumanis. Hampir semua varietas dapat dibuahkan dalam pot. Namun, masing-masing varietas mempunyai perbedaan dalam kecepatan masa berbuah, produksi buah, bentuk tajuk dan tingkat kesulitan.

Buku Budidaya Mangga Di Lahan Sempit ini ditulis oleh Sri Rahayu,S.P. dan Dian Ekawati Suryaman, S.P. diterbitkan oleh Intra Pustaka tahun 2013.  Buku ini menyajikan  mengenai jenis-jenis Mangga Unggulan, Syarat tumbuh, Iklim dan Pengaruhnya, Perencanaan Produksi, Pemilihan Bibit, Persiapan Media Tanam, Teknik Penanaman, Perawatan, Penyiraman dan Pemupukan, Pengendalian Hama dan Penyakit, Strategi Peninggkatan Mutu Panen, Panen dan Pasca Panen.

Buku ini memiliki panjang 21 cm dan lebar 15 cm. Dengan terdiri dari 152 halaman, terdapat 7 Bab yang menjelaskan tentang Budidaya Mangga Di Lahan Sempit.  Pada Bab pertama, terdapat Selayang Pandang Buah Mangga, Bab kedua : Ekologi, Bab ketiga : Budidaya Mangga di Pekarangan Rumah, Bab ke Empat : Strategi Peningkatan Mutu Panen, Bab Lima : Panen dan Pasca Panen, Bab Enam : Pemasaran, Bab ketujuh : Analisis Usaha Tani, Bab terakhir : Bonus berbagai olahan manga.

Buku ini sangat berguna bagi masyarakat untuk bertanam Mangga di pekarangan sempit dan yang tidak memiliki lahan serta menambah pengetahuan dalam bidang pertanian, dan  bermanfaat bagi para peneliti dan penyuluh dalam kegiatan penelitian dan penyuluhan pertanian. Buku ini dapat dibaca di Perpustakaan BPTP Sumut.
#ReviewBuku
#BeritaPerpustakaan