JM Hot News - шаблон joomla Окна

Saat ini, pupuk memegang peranan yang sangat penting bagi pertanian. Setiap tanaman diberikan pemupukan supaya dapat

tumbuh dengan baik dan memberikan hasil yang maksimal. Penggunaan pupuk kimia untuk pertanian semakin kebelakang semakin dipandang memiliki efek negatif, diantaranya memberikan polusi baru bagi lingkungan. Selain itu harganya juga terus merangkak naik, sehingga cukup memberatkan petani.

Padahal industri pertanian kian berkembang. Mulai dari skala besar yang dikembangkan secara massive hingga skala rumahan sedang digandrungi. Tampaknya kesadaran masyarakat terutama kaum muda semakin tinggi akan betapa pentingnya sektor pertanian. Banyak kaum millenial yang mulai bergerak menekuni wirausaha pertanian. Industri pertanian rumahan pun tak kalah serunya. Sejak pandemi hobi memelihara tanaman pertanian kecil-kecilan dengan cara hidroponik menjadi trend yang sangat meningkat. Bisnis tanaman-tanaman koleksipun menjadi bisnis yang menggiurkan dengan harga fantastis.

Tentunya kegiatan pertanian ini tidak dapat dipisahkan dengan kebutuhan akan produk pupuk. Namun dengan harga pupuk cukup mahal, bagaimana cara menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan pupuk ini? Solusi dari permasalahan itu yaitu dengan penggunaan pupuk kompos cair. Penggunaan pupuk kompos cair dinilai dapat mengembalikan kualitas tanah sebagaimana mestinya. Kualitas tanah yang baik pastilah akan berdampak positif bagi kesehatan hidup tanaman dan dapat memberikan hasil yang maksimal bagi para petani.

Plus minus penggunaan pupuk kompos cair ini pasti ada, namun didalam buku ini lebih difokuskan mengenai cara pembuatan kompos cair, dari mulai jenis, sumber bahan pupuk kompos cair dan kelebihannya. Teknis cara pembuatan pupuk kompos cair juga dipaparkan dengan bahasa yang mudah dipahami bagi pembaca. Sehingga setelah membaca buku ini diharapkan para pembaca dapat membuat pupuk kompos cair dengan bahan-bahan yang tersedia di sekitarnya.