JM Hot News - шаблон joomla Окна

Kakao berasal dari hutan tropis di Amerika Tengah dan Amerika Selatan bagian utara. Habitat asli kakao adalah hutan tropis dengan pepohonan tinggi. Penduduk pertama yang menggunakan kakao sebagai bahan makanan dan minuman adalah suku Indian maya dan suku Aztek (Aztec). Mereka memanfaatkan kakao sebelum orang-orang kulit putih di bawah pimpinan Christopher Colombus menemukan Amerika.

Kakao merupakan salah satu komoditas unggulan perkebunan Indonesia. Perannya sebagai penghasil devisa negara, sumber pendapatan petani, penciptaan lapangan kerja, maupun mendorong agribisnis dan agroindustri tak diragukan lagi, Kakao dapat dikatakan sebagai komoditas sosial karena hampir 97% diusahakan oleh perkebunan rakyat yang melibatkan sekitar 1,7 juta kepala keluarga.

Buku “Hulu Hilir Kakao” ini disusun oleh Pusat Perpustakaan Dan Penyebaran Teknologi Pertanian dan diterbitkan oleh Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian pada tahun 2019 di Bogor. Buku ini berisi informasi mengenai sejarah kakao, budi daya kakao, pascapanen kakao, dan inovasi anyar berkebun dan pengolahan kakao.

Isi dan Kelebihan Buku

Buku ini memiliki panjang 25 cm. Dengan terdiri dari 104 halaman, terdapat 4 bab yang menjelaskan tentang kakao.

Pada bab 1, berisi tentang mengenal kakao, seperti sejarah dan jenis kakao. Kemudian, pada bab 2 menjelaskan tentang budi daya kakao. Pada bab 3, dijelaskan tentang panen kakao, seperti waktu, cara dan frekuensi panen. Dan terakhir pada bab 4, menjelaskan tentang pascapanen kakao.

Buku ini didukung dengan foto dan ilustrasi menarik, sehingga dapat dengan mudah memahami isi buku dengan baik. Buku ini dapat menjadi rujukan bagi pekebun kakao di Indonesia. Buku ini dapat dibaca di Perpustakaan BPTP Sumatera Utara.