JM Hot News - шаблон joomla Окна
Jika kita berkunjung ke KP Gurgur yang merupakan pusat perbenihan food estate Humbang Hasundutan, maka akan menjumpai beberapa sayuran yang juga dibudidayakan di KP tersebut. Salah satu yang menarik perhatian adalah tanaman tomat yang sudah berbuah dan ranum ranum buahnya. Hamparan tomat yang bervariasi warna dari yang hijau orange sangat instagramable untuk dijadikan photo. Hal ini yang menjadikan salah satu keistimewaan KP Gurgur untuk menjadi Agro Edu Wisata.
 
Sobatani apakah sudah tau bahwa tomat itu banyak sekali kandungannya. Hal yang sudah menjadi pengetahuan umum bahwa tomat membantu penyembuhan penyakit rabun senja, tomat juga bermanfaat untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin, serta mengobati penyakit gigi dan gusi.
 
Beberapa manfaat lainnya seperti yang dilansir dari Balai Penelitian Tanaman Sayuran bahwa ternyata tomat mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Hampir semua manfaat tersebut berasal dari likopen. Likopen merupakan antioksidan paling kuat yang dapat mencegah perkembangan berbagai bentuk kanker. Selain likeopen, tomat juga mengandung fenol dan senyawa aktif lain yang bermanfaat melawan radikal bebas.
 
Jadi, jalan jalan ke KP Gurgur, selain mendapat manfaat pandangan yang indah dari background Danau Toba, dan pemandangan sayuran yang ranum, juga sobatani dapat meningkatkan imunitas dengan mengkonsumsi buah tomat segar.