JM Hot News - шаблон joomla Окна

Balitbangtan BPTP Sumatera Utara melalui Kebun Percobaan Pasar Miring bersama dengan aparat dan Masyarakat Desa

Pagar Merbau secara serentak pada hari Kamis 26 Maret 2020 melaksanakan kegiatan sanitasi dengan penyemprotan disinfektan kerumah-rumah warga untuk mencegah dan meminimalisir wabah penyakit virus Corona #Covid-19.

Kepala Balitbangtan BPTP Sumut Dr.Khadijah EL Ramija, SPi, MP melalui arahan tertulisnya menyampaikan bahwasanya Kementerian Pertanian dalam hal ini Badan Litbang Pertanian wajib berkonstribusi dan ikut ambil bagian kepada masyarakat dalam memerangi dan melawan serangan wabah penyakit pandemi Covid 19.

Desa Pasar Miring adalah desa yang yang berada dilingkungan kantor KP. Pasar Miring, untuk itu kepala Balitbangtan BPTP Sumut mengharapkan lingkungan kerja yang sehat juga harus didukung dengan lingkungan masyarakat yang sehat oleh karenanya kegiatan ini sangat penting dilaksanakan dalam rangka konstribusi Kementerian Pertanian melalui Badan Litbang Pertanian untuk mengkondisikan masyarakat yang sehat dengan sanitasi lingkungan utk mengantisipasi serangan wabah virus Corona Covid 19 di wilayah kerjanya.

Kepala Kebun Percobaan Pasar Miring Khasril Atrisiandy, SP dalam kesempatan ini menyampaikan, serangan wabah virus Covid 19 bukan hanya di Indonesia tapi juga diseluruh dunia, bukan hanya dikota tapi hingga ke desa, virus Corona akan berdampak terhadap lemahnya ketahanan bangsa dibidang kesehatan dikarenakan dapat mengakibatkan rakyat sakit dan mengakibatkan kematian.

Untuk itu masyarakat khususnya petani dihimbau untuk menjaga kesehatannya karena fungsi petani sangat penting dimasa sulit seperti saat ini. Petani menyiapkan bahan pokok beras, sayuran dan ketersediaan pangan lainnya sehingga ketahanan pangan nasional masih terjaga.

Oleh karenanya petani harus tetap sehat, kuat, dan mampu melawan virus Corona ini dengan mulai memperhatikan pola hidup sehat dan pola hidup bersih.
Kepala KP. Pasar Miring juga menyampaikan harapan agar kegiatan penyemprotan disinfektan ini meningkatkan kesadaran petani dan masyarakat untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan. “Petani adalah akar ketahanan pangan negeri ini, ketahanan pangan adalah ketahanan bangsa, oleh karenanya ketahanan pangan kita kuat maka kita akan mampu melawan ancaman apapun terhadap bangsa dan negara yang kita cintai ini”, lanjutnya lagi.

Kegiatan gotong royong sanitasi lingkungan dengan penyemprotan disinfektan didesa Pasar Miring dihadiri oleh Kepala Desa, aparat dan masyarakat Desa Pasar Miring yang secara bergotong royong penuh antusiasme menyemprot rumah - rumah warga dan rumah ibadah yang ada di Desa Pasar Miring. Larutan disinfektan disediakan oleh BPTP Sumut melalui Kebun Percobaan Pasar Miring secara gratis kepada seluruh warga.

Dalam kegiatan ini juga diperagakan bagaimana cara membuat larutan disinfektan dan hand sanitizer kepada warga masyarakat, agak kedepannya masyarakat mampu membuatnya sendiri dirumah.

Kepala Desa Pasar Miring, Santoso, S.Sos atas nama seluruh warga menyampaikan terimakasih kepada BPTP Sumut dalam hal ini KP. Pasar Miring yang telah berpartisipasi dalam mencegah dan memerangi virus Corona di Desa Pasar Miring, harapannya dgn adanya kegiatan ini menjadi contoh bagi seluruh warga utk berbuat dan lebih perduli terhadap kesehatan dan kebersihan diri serta lingkungannya.

Petani Sehat maka Petani sejahtera,ketahanan pangan kuat maka ketahanan bangsa berjaya.

Ayo bersama kita bisa lawan serangan virus Corona 💪💪