JM Hot News - шаблон joomla Окна

Rapat dipimpin oleh Kabid Tanaman Hortikultura Dinas TPH Provsu, beberapa hal yang dibahas bahwa luas sawah

di Sumatera Utara akan diverifikasi dan divalidasi pada bulan april untuk ditetapkan menjadi Luas Baku Sawah.

Terkait ekspor dari Provinsi Sumut ada pengembangan ke 22 negara dan 16 komoditas. Komoditas itu diantaranya Daun Pace, Daun Pandan kering, Kunyit kering, Salak, Alpukat, pisang, durian, bunga potong, ubi jalar, kubis wortel dll.

Melihat peluang ekpor tersebut perlu dilaksanakan gerakan ekspor dengan koordinasi antara Karantina Pertanian, dinas pertanian dan pengusaha mengenai komoditas unggulan dari masing2 Kab/kota sebagai prioritas ekspor. Hal ini perlu direncanakan karena untuk kawasan sentra komoditas ekspor minimal harus ada 65 ha untuk kontiunitas kedepan.

Program KOSTRATANI Pada tahun 2020 akan bertambah menjadi 16 kabupaten, dumana pada tahun 2019 sudah ditetapkan 9 kabupaten yang sudah aktif. Lokasi demplot untuk uji adaptasi sudah ditetapkan bidang Penyuluh yaitu di 18 BPP, Balitbangtan BPTP Sumut akan mendampingi dalam rangka kegiatan Temu Tugas Peneliti dan Penyuluh.

Terkait rencana keikutsertaan Sumut kegiatan PENAS bulan Juni 2020, pemondokan sudah disurvei di Kelurahan Gunung Sari, Guranji. Lokasi kegiatan akan dilaksanakan di dua tempat, yaitu pembukaan di Asrama Haji Padang Pariaman dan penutupan di Ae Pacah Padang.