JM Hot News - шаблон joomla Окна

Mengenalkan beragam jenis tanaman dan cara menanam pada anak merupakan upaya menumbuhkan kepedulian anak pada

lingkungan sejak dini. Taman Agroinovasi Balitbangtan BPTP Sumut merupakan salah satu wahana pembelajaran bagi siapa saja yang ingin mengenal lebih jauh tentang optimalisasi lahan percontohan pertanian.

Pengenalan dan pengembangan minat budidaya pertanian kepada anak usia sekolah menjadi salah satu sasaran kegiatan pertanian masuk sekolah (TaniMas) yang dapat dilakukan melalui kunjungan dan kegiatan belajar langsung di lapangan.

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sumatera Utara membuka dan memanfaatkan Taman Agroinovasi dan OPAL yang tersedia sebagai sarana pengenalan dan pengembangan minat budidaya pertanian anak usia sekolah dengan mengundang sekolah-sekolah sekitar dan membawa anak didiknya untuk berkunjung.

Kunjungan dilaksanakan pada hari Jum'at, 6 Maret 2020, sejumlah 35 siswa/I dati SDN 060790 Kecamatan Medan Johor yang didampingi oleh kepala sekolah (Ibu Deli Kesuma) dan guru-guru bidang studi. Bersama penyuluh BPTP, peserta kunjungan diperkenalkan aneka ragam tanaman sumber pangan seperti tanaman pangan, sayuran, dan buah serta beragam jenis pertanaman, seperti hidroponik, aquaminaponik dan bedengan. Peserta kunjungan juga diajak untuk melihat persemaian aneka sayuran hidroponik seperti selada, pakcoy, kailan dan sawi di area Obor Pangan Lestari (OPAL).

Siswa/i peserta kunjungan juga diajak untuk menanam benih kangkung dan melaksanakan panen kangkung serta sawi hijau. Setelah berkeliling taman agroinovasi, siswa/i disuguhi jus sawi-nenas. Ibu Delima Kusuma selaku kepala sekolah SDN 060790 Kecamatan Medan Johor menyampaikan terimakasih dan berharap agar kegiatan kunjungan tersebut dapat dilakukan tiap tahunnya karena dianggap bermanfaat terhadap peningkatan pengetahuan dan minat siswa terhadap dunia pertanian.