JM Hot News - шаблон joomla Окна

Tujuan kegiatan Pengembangan Ayam KUB Model Strata II ini pada dasarnya membangun model kemitraan antara peternak

inti dan peternak plasma. Kali ini Kegiatan Pengembangan ini Ayam KUB Strata II ini dilaksanakan di Kelurahan Sari Rejo Kec. Medan Polonia dan desa tuntungan II kec pancur batu kab Deli serdang. Sebelumnya telah dilakukan penyerahkan paket Ayam KUB berupa pakan, obat-obatan dan instalansi kendang makan dan minum kepada peternak inti dan plasma. Dalam kegiatan ini dilakukan pendampingan diantaranya teknis pemberian pakan dan minum, vaksinasi dan pemberian obat-obatan.

Ayam KUB yang dipelihara di peternak Strata -II menunjukkan kemampuan bertumbuh cepat dengan daya tahan dan adaptasi yang lebih tinggi dibanding ayam kampung sudah persilangan (super). Day Old Chick (DOC) ayam KUB dengan bobot antara 25–30 gr/ekor yang dalam 2 hari pemeliharaan menggunakan pakan starter bobot ayam dapat meningkat menjadi 50 gr/ ekor. Bobot ayam KUB umur 3 bulan adalah 1.000 -1.200 gr /ekor. untuk mencapai bobot ideal diperlukan pengaturan pemberian pakan dengan kandungan protein dan energi yang sesuai rekomendasi.

Lebih detail lagi, tujuan program pengembangan ternak bibit ayam KUB ini adalah untuk meningkatkan kapasitas produksi dan memperluas jangkauan penyebaran bibit unggul ternak yang telah dihasilkan Balitbangtan, yang pada akhirnya dari penyebaran yang masif bibit unggul ternak ini dapat meningkatkan produksi ternak. Sedangkan tujuan pengembangan ayam kampung unggul dalam skala rumah tangga adalah untuk menambah sumber pendapatan usaha asal ternak dan meningkatkan kesejahteraan rumah tangga peternak. Dan sasaran dalam lokasi pengembangan adalah rumah tangga peternak di daerah tertinggal / rumah tangga miskin yang berminat dan memerlukan bantuan tambahan sumber pendapatan dari usaha budidaya ayam kampung.