JM Hot News - шаблон joomla Окна

Nah, kegiatan OPAL ini dilaksanakan di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Utara. BPTP ini merupakan

UPT Kementrian Pertanian di setiap provinsi yang turut mendukung upaya penganekaragaman konsumsi pangan yang sehat, bergizi dan seimbang. Salah satunya melalui kegiatan Obor Pangan Lestari atau disingkat OPAL. Optimalisasi lahan pekarangan kantor dilakukan dengan membudidayakan aneka ragam tanaman penyedia sumber karbohidrat, vitamin dan mineral juga protein.

OPAL memiliki dua komponen utama dalam kegiatannya yaitu pembibitan dan pertanaman. Salah satu jenis pertanaman yang masih cukup in kala ini yaitu hidroponik.

Sebelum lanjut, kita perlu tahu dulu nih apa sih arti hidroponik dan apa bedanya dengan akuaponik? Singkatnya hidro dan aqua kan sama sama air? Ternyata dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia kedua istilah tersebut memiliki arti yang berbeda. Hidroponik (hid-ro-po-nik) adalah cara bercocok tanam tanpa menggunakan tanah, biasanya dikerjakan dalam kamar kaca dengan menggunakan medium air yang berisi zat hara. Sedangkan akuaponik didefinisikan sebagai cara bercocok tanam dengan menggunakan perpaduan antara budidaya ikan dan hidroponik. Seperti apa contoh budidaya keduanya bisa Sobatani lihat di BPTP loh.

Sekarang kita kembali ke topik hidroponik, melanjutkan cerita OPAL sebelumnya, aneka benih sayuran (kangkung, pakcoy, kailan dan selada) yang telah disemai sudah dipindah ke instalasi remaja. Kapan waktu pindah tanam yang sesuai? Yaitu saat tanaman memunculkan daun sejati, yaitu daun yang memiliki tulang dan helai daun. Sambil menunggu waktu panen, pemberian asupan nutrisi tanaman nya dipantau secara berkala.

Nah, bagaimana dengan menanam buah menggunakan hidroponik ? Yuk berikan like-mu, tunggu cerita mimin selanjutnya ya. Sampai bertemu di cerita OPAL berikutnya!