JM Hot News - шаблон joomla Окна

Perencanaan pembangunan nasional menjadi biang dari berbagai permasalahan nasional. Tanpa Sistem Perencanaan

Pembangunan Nasional yang terintegrasi, Pembangunan Nasional hanyalah lelucon belaka. Kementerian Pertanian melalui unit kerja Balitbangtan BPTP Sumatera Utara sebagai sebagai pusat inovasi dan diseminasi teknologi pertanian di Sumatera Utara hadir untuk Pertanian Sumut yang maju, mandiri, dan modern.

Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional adalah satu kesatuan tata cara perencanaan pembangunan untuk menghasilkan rencana-rencana pembangunan dalam jangka panjang, jangka menengah, dan tahunan yang dilaksanakan oleh unsur penyelenggara negara dan masyarakat di tingkat Pusat dan Daerah. Hal ini tertuang dalam amanat Undang-Undang RI no 25 Tahun 2004 pasal 1 point 1, tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional yang menyatakan bahwa perencanaan adalah suatu proses untuk menentukan tindakan masa depan yang tepat dengan memperhitungkan sumberdaya yang tersedia, untuk menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi dan sinergi baik antar daerah, antar ruang, antar waktu, antar fungsi pemerintah, maupun antar pusat dan daerah. Dengan tahapan perencanaan pembangunan yang dituangkan pada pasal 8, dimulai dari penyusunan rencana, penetapan rencana, pengendalian pelaksanaann rencana dan evaluasi pelaksanaan rencana.

Sejalan dengan hal tersebut BAPEDA Provinsi Sumatera Utara dalam menjalankan fungsinya sebagai Penyelenggaraan koordinasi penyusunan perencanaan pembangunan; melaksanakan Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan Daerah dalam mendukung percepatan pembangunan bidang ekonomi, Kemaritiman dan Sumberdaya Alam di Propinsi Sumatera Utara dengan tujuan untuk sinkronisasi dan penajaman Program Kegiatan prioritas daerah dengan Pemerintah dan Pemerintah Kab/Kota serta ditindaklanjuti dengan penyusunan dokumen Rencana Pemerintah Daerah Tahun 2021 dengan menghadirkan 40 Stakeholder salah satunya Balitbangtan BPTP Sumatera Utara. Rakor ini dilaksanakan di Hotel Antares, pada 12 Februari 2020.

Dalam Rakor Teknis ini Kepala BPTP Balitbangtan Dr. Khadijah EL Ramija Lubis, SPi, MP menjadi salah satu narasumber dengan tema "Strategi Peningkatan Produktiviras Padi dan Komoditi Pangan Utama Lainnya".

Rakor Teknis dibuka oleh SEKDA Propinsi Sumatera Utara Dr. Ir. Hj. Sabrina, MSi. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan pentingnya Sinergitas antar Lembaga terkait untuk membangun Sumatera Bermartabat dengan cara Membangun Desa Menata Kota secara berkelanjutan.