JM Hot News - шаблон joomla Окна

Tak ada padi yang tidak ditanam diatas lahan. Begitulah pentingnya lahan menjadi penopang tanaman pangan. Meskipun

memungkinkan penggunaan media lain selain tanah untuk budidaya padi, tetapi tanah atau lahan masih menjadi mayoritas media yang digunakan petani padi di Indonesia, dengan mengandalkan sumberdaya alam tentunya.

Terkait dengan pentingnya penggunaan lahan, BPTP Sumatera Utara kembali mengikuti pertemuan rutin Monitoring dan Evaluasi (Monev) dan Pos Simpul Koordinasi (Posko) Ketahanan Pangan pada bulan Februari 2020 yang bertempat di Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura. Berikut informasinya.

Data luas lahan baku sawah sangat krusial posisinya dalam pengambilan kebijakan, hal ini terkait dengan fungsi sawah sangat vital baik sebagai mata pencaharian, maupun sebagai sumber pemenuhan pangan. Berdasarkan hal tersebut Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) bersama Kementerian Pertanian (Kementan), dan Badan Pusat Statistik (BPS), mengumumkan luas lahan baku sawah untuk tahun 2019 yaitu sebesar 7.463.948 ha di Gedung Kementerian Pertanian pada saat soft launching Kostratani.

Luas lahan baku sawah ini menjadi isu penting yg dibahas dalam Pertemuan Monev dan Posko kali ini. Menurut Sekertaris Dinas TPH Provinsi Sumatera Utara, Ibu Ir. Nurhijjah Siregar selaku pemimpin rapat, posko ini sangat penting karena melalui posko masing-masing kabupaten dapat bertukar informasi dan berkoordinasi tentang data-data pertanian. Beliau berharap setiap petugas data yg hadir pada posko harus sudah mempersiapkan dan paham terhadap data yg diminta setiap bulannya terkhusus data provitas padi per kabupaten.

Saat ini provitas komoditas pangan di Sumatera Utara semakin menurun, salah satunya terkait dengan luas lahan baku sawah di beberapa kabupaten mengalami penurunan. Beliau berharap BPTP Sumut sebagai penghasil teknologi dapat membantu dalam peningkatan provitas.
Selain membahas luas baku sawah, pada monev dan posko ini juga membahas perkembangan pengajuan CPCL padi, Luas tambah tanam Pajale dan permasalahan-permasalahan di kabupaten.