JM Hot News - шаблон joomla Окна

Jagung selain untuk keperluan pangan, juga digunakan untuk bahan baku industri pakan ternak, maupun ekspor. Teknologi

produksi jagung sudah banyak dihasilkan oleh lembaga penelitian dan pengkajian lingkup Badan Litbang Pertanian, namun belum banyak diterapkan di lapangan.

Dalam upaya pengembangan jagung yang lebih kompetitif, diperlukan upaya efisiensi usahatani, baik ekonomi, mutu maupun produktivitas melalui penerapan teknologi. Untuk mewujudkan hal tersebut maka BPTP Sumatera Utara melakukan kegiatan Pendampingan Pengembangan Kawasan Tanaman Pangan Komoditas Jagung dan Pengembangan Pola Tanam Mendukung Peningkatan Indeks Pertanaman yang akan dilaksanakan di Kabupaten Dairi sebagai salah satu sentra penghasil jagung di Sumatera Utara dan merupakan wilayah Kostratani.

Langkah awal untuk memulai kegiatan tersebut yaitu melakukan koordinasi dan konsultasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Dairi yang dilaksanakan pada hari Senin (10 Februari 2020). Koordinasi dan konsultasi yang disambut oleh Bapak Bintoha Angkat sebagai Kepala Dinas Pertanian bertujuan untuk mendapatkan lokasi rekomendasi kedua kegiatan tersebut.

Berdasarkan hasil koordinasi, terdapat 3 daerah yang direkomendasikan yaitu Kecamatan Tanah Pinem, Tigalingga, dan Sumbul. Tim Kegiatan langsung melakukan survey untuk menginventarisasi permasalahan budidaya jagung.

Selain melakukan koordinasi, konsultasi, dan survey, tim kegiatan mengunjungi ruangan kostrada yang terdapat di Dinas Pertanian Kabupaten Dairi.