JM Hot News - шаблон joomla Окна

Derajat keasaman atau pH merupakan salah satu unsur yang berpengaruh terhadap produktivitas pertanian maka

dari itu perlu diketahui nilai pH yang sesuai. Balitbangtan BPTP Sumatera Utara memiliki Laboratorium Pengujian yang telah terakreditasi olek Komite Akreditasi Nasional (KAN). Di laboratorium Balitbangtan BPTP Sumut ini menerima uji/analisa pH tanah, pupuk, dan air.

Pada hari ini (6/2) sedang dilakukan analisis pH pupuk organik oleh Ibu Mieke Afni Hardyani yang merupakan analis laboratorium Balitbangtan BPTP Sumatera Utara. Pengukuran pH ini menggunakan alat Electrochemical Analyser yang mudah penggunaannya ,dimana alat ini mampu menghasilkan hasil pengukuran yang akurat.

Penggunaan alat ini cukup sederhana yaitu dengan memasukkan elektroda ke dalam sampel yang akan diukur lalu hanya dengan waktu beberapa menit langsung didapatkan hasil pengukuran. Penetapan pH ini mengacu pada Official Methods of Analysis of AOAC International. 17th Edition, Volume 1, Agricultural Chemicals, Contaminants, Drugs. AOAC International, Maryland USA.

Pengukuran pH sebagai salah satu parameter yang menentukan kualitas pupuk. Perlu di monitor dan dipantau sehingga didapatkan hasil budidaya yang baik dan akurat.