JM Hot News - шаблон joomla Окна

Kementerian Pertanian melalui berbagai terobosan programnya terus berupaya membangun kekuatan Sumber Daya

Manusia (SDM). Keberhasilan pembangunan pertanian sangat ditentukan dengan penerapan inovasi teknologi yang dilakukan, sebagai upaya meningkatkan penderasan hilirisasi inovasi teknologi Balitbangtan Pertanian perlu dilakukan sinergi dengan kegiatan Diseminasi penyuluhan yang dilaksanakan Balitbangtan dengan BPPSDM

Hari ini Balitbangtan BPTP Sumut telah menggelar pertemuan koordinasi Temu Tugas Peneliti, Penyuluh Balitbangtan BPTP Sumut dan Penyuluh Daerah. Pertemuan dilaksanakan di Aula Balitbangtan BPTP Sumut, Jum'at 24 Januari 2020. Peserta Temu Tugas berjumlah 40 orang yang berasal dari Peneliti dan Penyuluh BPTP Sumut, Bidang Penyuluhan dan KJF Dinas TPH Provsu, KJF dan Bidang Penyuluhan Kabupaten/ Kota wilayah Kostratani, Balai Besar Karantina Belawan, Balai Karantina Kualanamu Medan dan Polbangtan Medan.

Acara ini diawali dengan sosialisasi perkembangan kegiatan kostratani di Sumatera Utara yang disampaikan oleh Koordinator Kostratani dan kegiatan Temu Tugas Peneliti, Penyuluh BPTP Sumut dan Penyuluh Daerah yang disampaikan oleh Kepala Balai.

Pertemuan ini bertujuan untuk (1) menjaring komoditas unggulan Kabupaten/ Kota (2) mengidentifikasi materi yang akan disampaikan pada kegiatan Temu Tugas Peneliti, Penyuluh Balitbangtan BPTP Sumut dan Penyuluh Daerah yang rencananya akan dilaksanakan awal Februari mendatang (3) Dukungan Badan Litbang Pertanian dalam pendampingan Program Kostratani dan (4) Teknologi Inovasi Balitbangtan untuk penerapan uji adaptasi teknologi inovasi di Kabupaten/Kota.

Usulan materi yang akan disampaikan pada kegiatan Temu Tugas Peneliti, Penyuluh Balitbangtan BPTP Sumut dan Penyuluh Daerah meliputi : (1) Paket Teknologi komoditas Padi jagung kedelai dan paket teknologi unggulan dari Kabupaten yaitu komoditas Salak dan Kopi (2) persyaratan Teknis ekspor komoditas unggulan (3) Teknik pengumpulan data agronomis , produktivitas, persepsi, preferensi, respon pengguna teknologi dan analisa kelayakan analisis finasial dan (4) Kelembagaan pertanian korporasi.

Kepala Balitbangtan BPTP Sumut yang langsung memimpin pertemuan ini mengharapkan melalui kegiatan ini, dapat meningkatkan sinergitas diantara SKP di tingkat pusat dan daerah untuk memperkuat peran BPP sebagai pusat kegiatan pembangunan pertanian tingkat kecamatan dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional.