JM Hot News - шаблон joomla Окна

Sektor peternakan merupakan sektor yang memiliki peluang sangat besar untuk dikembangkan sebagai sebuah usaha

dimasa depan. Pemeliharaan sapi perah merupakan salah satu alternatif diversifikasi ternak penghasil susu sebagai upaya pemenuhan kebutuhan susu di Indonesia. Hasil uji organoleptik menunjukkan bahwa susu sangat digemari. Adanya peluang bisnis dari meningkatnya permintaan susu sapi dan harga susu sapi yang cukup merakyat menyebabkan banyak orang tertarik untuk membudidayakan sapi perah.

Pelatihan sapi perah yang digagas oleh Puslitbang Peternakan yang dilaksanakan di Balitbangtan BPTP Sumut merupakan salah satu bagian dari upaya peningkatan kapasitas penyuluh peternak sapi perah untuk melaksanakan tugasnya di lapangan mendampingi peternak. Penyuluh harus dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni agar dapat memberikan solusi dan pengetahuan peternak di lapangan.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Proyek IndoDairy dengan tujuan untuk mengembangkan, membuat model dan mengevaluasi kegiatan diseminasi terbaik untuk meningkatkan adopsi terhadap praktek manajemen sapi perah yang efektif bagi peternak kecil. Pelatihan dihadiri oleh maksimal 16 peserta, terdiri dari penyuluh peternakan dari kantor pemerintah (dinas pertanian; BPTP) atau penyuluh lain yang bekerja dengan peternak sapi.

Pelatihan akan dilakukan selama 4 hari, dari tanggal 20-23 Januari 2020 di BPTP Sumatera Utara, dengan agenda kunjungan ke kandang peternak sapi perah terdekat. Bentuk kegiatan pelatihan akan berupa perpaduan antara presentasi, kerja kelompok, dan kunjungan lapang, dengan fokus bahasan pada nutrisi pakan sapi induk, kualitas susu dan perkandangan yang akan disampaikan oleh narasumber dari Australia, Brad Granzin dan Zita Ritchie.