JM Hot News - шаблон joomla Окна

Satu lagi varietas dari Badan Litbang Pertanian diperkenalkan di Sumatera Utara yaitu sorgum. Penanaman dilakukan di daerah

replanting tanaman sawit milik PT Paya Pinang. Varietas yg diperkenalkan adalah Varietas Bio Goma dan Super 2. Hasil panen diperkirakan sekitar 11 ton per ha dengan luas yg ditanam sekitar 34.5 ha.

Panen dihadiri dari Kabupaten seperti Kabupaten Padang Lawas, Kabupaten Dairi dan Langkat. Turut hadir Dirjentan, Kepala BBIOGE, Kadistan Provsu dan BPSB. Acara di buka oleh Bupati Kabupaten Serdang Bedagai.

Dalam sambutannya Dirut PT. Paya Pinang menyampaikan harapannya kedepan kegiatan ini merupakan langkah awal untuk pengembangan sorgum di Provinsi Sumatera Utara. Sesuai informasi dari Bapak Gubernur, akan disediakan lahan 7.000 ha untuk menanam sorgum. Menurut peneliti Balitbangtan, Prof. Endang dari BB Biogen Bogor, keunggulan dari kedua variates ini antara lain biomassanya memiliki protein tinggi disamping itu rasanya manis sehingga dangat disukai oleh ternak.

Selain itu menurut Prof. Endang juga menyampaikan bahwa sorgum memiliki banyak manfaat antara lain dapat dijadikan pangan olahan. Tepung olahan sorgum ini memiliki kadar gula yg rendah sehingga bagi penderita diabetes sangat cocok mengkonsumsi ini varietas ini.