JM Hot News - шаблон joomla Окна
Kegiatan ini dihadiri oleh Tim Peneliti BPTP Sumut, Kabid perkebunan Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Tobasa, PPL, POPT dan petani kopi. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan petani kopi dalam hal budidaya dan pengolahan pascapanen kopi, sharing informasi teknologi komoditas kopi dan juga untuk mendiseminasikan hasil kegiatan kajian Peningkatan kualitas kopi Arabika di Dataran tinggi Sumut yang pada tahun 2019 ini telah dilaksanakan oleh BPTP Sumut.

Hadir sebagai narasumber dalam pelatihan ini tim Peneliti BPTP Sumut yang membawakan materi Teknologi Budidaya Kopi, sistem aplikasi pakar kopi dan teknologi pascapanen kopi, dan Kepala Bidang Perkebunan Distan Tobasa dengan materi Program pembangunan perkebunan di Kabupaten Tobasa. Para petani sangat antusias mengikuti kegiatan ini mulai dari sesi materi dan juga saat diperkenalkan dan dilatih untuk menggunakan beberapa mesin dan peralatan pascapanen kopi seperti pulper, huller, roaster, alat ukur kadar air, dan peralatan membuat minuman kopi lainnya.

Dalam kesempatan ini juga, Tim BPTP Sumut memperkenalkan produk ' Kopi Gurgur' yang telah diproduksi sendiri oleh BPTP Sumut berupa grean bean, roast bean dan kopi bubuk dan diharapkan produk kopi ini dapat menambah varian produk-produk kopi arabika Sumut yang saat ini sangat diminati oleh pasar kopi nasional dan dunia.

Semoga kegiatan pelatihan ini bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan serta pengalaman para petani kopi sehingga dapat memproduksi kopi yang bermutu dan berkualitas baik kedepannya.