JM Hot News - шаблон joomla Окна

Ka. Balitbangtan BPTP Sumut menghadiri Seminar Hasil Demfarm Inovasi Teknologi Peningkatan Indeks Pertanaman (IP) Lahan Sawah Tadah Hujan Di Kabupaten Labuhanbatu.

Kamis (12/09), bertempat di Ruang Rapat Bupati Kabupaten Labuhanbatu telah dilaksanakan Seminar Hasil Demfarm Inovasi Teknologi Peningkatan Indeks Pertanaman (IP) Lahan Sawah Tadah Hujan Di Kabupaten Labuhanbatu sekaligus rencana tindak lanjut Pelaksanaan Inovasi Daerah SIPATEN LAGI (Siap Panen Tanam Lagi, Labuhan Batu Gerakan Intensifikasi) dan AKTA MAS (Asuransi Kenyamanan Tanaman, Masyarakat Aman Sejahtera)

Kegiatan ini berhasil karena dukungan penuh dari Bapak Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT dan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu. Dalam sambutannya Bapak Bupati Kab. Labuhanbatu menyampaikan untuk memanfaatkan acara ini dengan sebaik-baiknya agar dapat membantu meningkatkan kesejahteraan para petani melalui peningkatan Indeks Pertanaman dan produktifitas padi serta mempertahankan fungsi lahan sawah tadah hujan di Kab. Labuhanbatu.

Dalam kegiatan ini hadir sebagai narasumber Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Utara Ibu Dr. Khadijah EL Ramija SPi MP, Peneliti/ Tenaga Ahli BPTP Sumut Ir. Jonharnas Dan Ibu Ir. Lusyantini, MM (Dinas Tanaman Pangan Provinsi Sumatera Utara) serta Bapak Camat Kecamatan Panai Tengah, Kepala Desa Selat Beting Dan seluruh undangan yang telah hadir dan memberikan perhatiannya terhadap kegiatan ini.

Kegiatan ini telah memberikan dampak positif terhadap petani di Desa Selat Beting, yang sebelumnya petani memperoleh hasil panen hanya 4 ton/ha namun dengan adanya kegiatan ini petani memperoleh hasil 6-7 ton/ha. Dari hasil analisis usaha tani petani denfarm Dan non denfarm menunjukan perbedaan yang cukup besar yakni untuk petani denfarm memperoleh laba sekitar 17 jutaan, sangat jauh berbeda dengan petani non denfarm yang hanya mendapat laba sekitar 10 jutaan saja.

Semoga dengan adanya kolaborasi seluruh stakeholders ABGCM (Akademisi, Business, Goverment, Community & Media), Indeks Petanaman (IP) lahan sawah tadah hujan di Kabupaten Labuhanbatu dapat ditingkatkan dari IP 1 menjadi IP 2 sehingga Ketahanan Pangan di Kabupaten Labuhabatu lebih meningkat dan petani lebih sejahtera.