JM Hot News - шаблон joomla Окна

Balitbangtan BPTP Sumut berpartisipasi dalam kegiatan Pembinaan Integritas Program dan Layanan Pertanian "PROTANI" di Kab. Tapanuli Utara

Kegiatan Pembinaan Integritas Program dan Layanan Pertanian "PROTANI" dengan tema Peran Strategis Penyuluh Pertanian dalam mewujudkan Program Swasembada Pangan Berkelanjutan Menuju Lumbung Pangan Dunia Tahun 2045 dilaksanakan pada tanggal 28-30 Agustus 2019 di Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara propinsi Sumatera Utara.

Kegiatan ini dihadiri oleh Irjentan Justan Riduan Siahaan, Ak., M.ACC., CA, QIA, Bupati Tapanuli Utara, Wakil ketua DPRD Tapanuli Utara, Inspektur dan peserta dari seluruh kabupaten/kota se Sumatera Utara.

Dalam arahannya Bapak Irjentan menekankan pentingnya integritas yang tinggi dan komitmen bersama dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai insan pertanian dalam pembangunan pertanian khususnya untuk mendukung visium yang telah digagas yaitu menuju Indonesia sebagai lumbung pangan dunia tahun 2045.

Kawasan Danau Toba sangat berpotensi dalam pengembangan pertanian khususnya bawang putih yang sudah di uji coba di Kabupaten Humbang Hasundutan dan sudah berhasil. Untuk itu perlu dikembangkan karena sangat berpotensi secara geografis.

Dalam kunjungannya baru baru ini Bapak Presiden mengatakan sangat mengharapkan pengembangan bawang putih di kawasan danau toba untuk mencukupi minimal kebutuhan Provinsi Sumatera Utara.

Bupati Tapanuli Utara Ir. Nikson Nababan menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas dipilihnya Kabupaten Tapanuli Utara sebagai tuan rumah kegiatan ini. Diharapkan melalui pelaksanaan kegiatan ini Kabupaten Tapanuli Utara semakin di kenal dan semakin sering diadakan event event penting seperti saat ini. Selama masa jabatannya Bapak Bupati sangat berkomitmen dalam pembangunan pertanian salah satunya melalui penguatan alsintan dan kelembagaan.

Rangkaian kegiatan terdiri dari penyampaian materi dari beberapa narasumber diantarannya Bapak Irjentan tentang perkembangan capaian realisasi LTT periode Asept 2019 sekaligus pemberian reward berupa cenderamata kepada kabupaten/kota yang sudah mencapai realisasi di atas 85%, dan beberapa materi lainnya.

Selain itu juga dilakukan kunjungan filedtrip ke lokasi pembibitan ternak BPTPU dan melanjutkan dengan kunjungan ke lokasi wisata Geosite Hutaginjang untuk menikmati keindahan alam danau toba yang terbentang luas.

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 28 s/d 30 Agustus 2019, diikuti 200 orang peserta yang terdiri dari Kadis, Kabid dan Petugas Data Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Utara, TNI, Tim BPTP Balitbangtan Sumatera Utara yang diikuti Kepala Balai dan beberapa LO.