JM Hot News - шаблон joomla Окна

Hari ini Balitbangtan BPTP Sumut mengirimkan 2000 ekor DOC bibit ayam kampung unggul dari Kegiatan Pengembangan dan Produksi DOC Ayam KUB ke Balitbangtan Sumatera Barat.

Penyediaan bibit ayam yang berkualitas dan berkelanjutan merupakan hal penting dalam kegiatan “BEKERJA” (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera). Keberlanjutan budidaya ayam yang dilakukan dengan baik juga menjadi langkah awal dalam meningkatkan pendapatan dan gizi masyarakat. Namun kendala yang dihadapi pada kegiatan ternak ayam kampung yaitu sulitnya memperoleh bibit ayam kampung yang unggul.

Nah, sejak Juni 2019, Balitbangtan BPTP Sumatera Utara telah mengembangkan ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB) untuk memenuhi kebutuhan bibit ayam dalam program Bekerja. Hingga hari ini telah lebih dari 2350 (dua ribu tiga ratus lima puluh) ekor DOC yang telah didistribusikan kepada masyarakat maupun instansi, termasuk untuk Balitbangtan BPTP Sumbar.

Distribusi bibit ayam DOC ke Balitbangtan BPTP Sumbar sebanyak 2.000 ekor telah dilaksanakan hari ini Selasa (27/08), sebagai bentuk diseminasi dan penyebarluasan  teknologi Badan Litbang Pertanian. Untuk melengkapi syarat dan prosedur pengiriman ini,  Surat Keterangan Bebas Penyakit AI/ND dari Balai Veteriner Medan pun sudah dikantongi. Pengiriman dilakukan melalui jalur udara, dimana seluruh ketentuan sudah mengikuti prosedur yang ada. Dengan adanya penyebar luasan DOC ayam KUB Balitbangtan diharapkan semakin meningkatnya kesejahteraan peternak di Indonesia.

Dari potensi keunggulan Ayam KUB ini juga semoga dapat memenuhi kebutuhan protein hewani masyarakat Indonesia.