JM Hot News - шаблон joomla Окна

Masih dalam suasana peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 74, sesuai tema SDM Maju Indonesia Unggul, Koordinator peneliti Balitbangtan BPTP Sumatera Utara beserta perwakilan dari empat kelompok pengkajian (Budidaya, Sumberdaya, Sosek dan Pasca Panen),

pada hari Senin (19/8) menghadiri sosialisasi kebijakan jabatan fungsional peneliti di aula Balai Arkeologi Sumatera Utara.

Balai Arkeologi Sumatera Utara merupakan UPT Badan Penelitian dan Pengembangan di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hari ini Balai arkeologi menyelenggarakan acara sosialisasi kebijakan jabatan fungsional.

Peserta berasal dari peneliti Balai Arkeologi, Balai Bahasa, Balai Pelestarian Nilai Budaya Aceh, Balitbangtan BPTP Sumut. Acara dibuka oleh Kepala Balai Arkeologi (Ketut Wiradnyana), dilanjutkan dengan pemaparan materi Sosialisasi Kebijakan Jabatan Fungsional Peneliti oleh Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Dadang Sudiyarto. Dalam paparannya disampaikan beberapa perubahan peraturan terkait jabatan fungsional peneliti khususnya Peraturan LIPI No 14 tahun 2018 dan peraturan BKN no 9 tahun 2019.

Adanya perubahan peraturan menjadikan pencapaian angka kredit menjadi terstruktur. Pencapaian angka kredit minimal di setiap jenjang jabatan peneliti dan kesesuaian dengan target SKP akan menunjukkan disiplin kinerja ASN.

Hubungan angka kredit dengan SKP dan tunjangan kinerja dipaparkan secara rinci didalam paparan materi.
Dilanjutkan dengan diskusi berjalan aktif diantara peserta dan narasumber, dipimpin oleh Bapak Bambang.

Instansi harus melibatkan peran struktur seperti Kepala Bagian Tata Usaha dan Kepegawaian untuk memantau perkembangan capaian angka kredit setiap tahun para peneliti di instansinya, khususnya terkait dengan kenaikan jabatan. Oleh karena itu, dalam penyusunan peta jabatan harus menghitung proyeksi kenaikan jabatan pada setiap tahunnya.

Dalam pertemuan tersebut, Balitbangtan BPTP Sumut memperkenalkan Ir Musfal, MP sebagai ketua Himpenindo di Sumatera Utara, kepada peneliti Kemendikbud yang hadir pada acara tersebut. Dengan demikian diharapkan peneliti di Sumatera Utara dapat bersatu dan bekerjasama.