JM Hot News - шаблон joomla Окна

Tahun ini Balitbangtan BPTP Sumut bersama dengan Balitbangda Kab. Mandailing Natal melakukan kerjasama dalam penyusunan buku Sumber Daya Genetik (SDG).

Kab. Mandailing Natal memiliki sumberdaya genetik yang sangat beragam tetapi belum banyak yang terdaftar di Kementerian Pertanian.

Dari kegiatan ini akan tersusun buku SDG yang berisi tentang kumpulan tanaman yang berasal dari daerah Kab. Madina. Kerjasama ini meliputi beberapa kegiatan, seperti observasi ke lapangan dan ekspos terhadap hasil yang diperoleh dari lapangan.

Pada kegiatan ekspos hasil SDG Kab. Madina yang dilaksanakan pada tanggal 4 juli 2019 mengundang peserta dari lingkup pemkab Madina antara lain : OPD ketahanan pangan, Lingkungan hidup, Bidang pelestarian lingkungan, Penyuluh dan KCD se-kab madina.

Dalam sambutannya ka. Balitbangda Kab. Madina menyampaikan bahwa daerah ini sangat kaya akan SDG termasuk yang lokal, beliau berharap kedepannya agar SDG dari madina segera didaftarkan ke bagian pendaftaran varietas.

Peneliti senior dari Balitbangtan BPTP Sumut Ir. Sortha Simatupang M.Si selaku penjab kegitan ini menyampaikan materi tentang hasil survei terhadap kekayaan hayati (tanaman) yg terdapat di Kab. Madina. Selain itu Dr. Siti Maryam Harahap juga menyampaikan materi tentang cara dan proses pendaftaran varietas. Pada kesempatan ini juga disampaikan hasil-hasil inovasi teknologi Balitbangtan BPTP Sumut, spesifik lokasi yang dituangkan dalam media cetak. Media informasi ini nantinya akan disampaikan kebeberapa OPD setempat.

Hasil rumusan dari kegiatan ekspos hasil-hasil SDG salah satunya adalah merumuskan beberapa varietas lokal padi gogo dari beberapa lokasi yang akan segera didaftarkan.