Profil Sejarah

 Sejarah

BPTP (Balai Pengkajian Teknologi Pertanian) Sumatera Utara merupakan salah satu institusi yang ada di propinsi Sumatera Utara, di bawah Badan Litbang Pertanian. Institusi ini mulai beroperasi sejak tahun 1995 setelah keluar SK Menteri Pertanian Republik Indonesia No.798/Kpts/OT.210/12/94, tentang pembentukan BPTP. BPTP secara historis terbentuk karena banyaknya tuntutan daerah agar masing-masing Propinsi mempunyai Balai Penelitian, dengan tujuan terjadinya percepatan proses pembangunan pertanian di daerah.

Proses pembentukan institusi baru ini cukup lama karena melibatkan beberapa departemen lain seperti Departemen Keuangan dan Kementerian Negara Penertiban Aparatur Negara serta beberapa Esselon I dalam Departemen Pertanian sendiri. BPTP Sumatera Utara dibentuk dengan menggabungkan beberapa Unit Pelaksana Teknis pusat yakni : BIP (Balai Informasi Pertanian), Sub-Balai Penelitian Ternak Sungai Putih, Sub-Balai Penelitian Tanaman Hortikultura Dataran Tinggi, Tongkoh Berastagi, Sub-Balai Penelitian Tanaman Pangan Pasar Miring dan Kebun Percobaan Tanaman Pangan Gurgur, Balige dan diberi nama BPTP Gedong Johor.

Awal dibentuk, BPTP Sumut berkantor di bekas Kantor BIP Medan. Tenaga peneliti direkrut dari beberapa Balai Penelitian seperti Balittan Sukarami, Balitbu Solok, Balai Penelitian Tanaman Perkebunan Bogor, dan menerima pindahan dari Balittan Sukamandi. Disamping itu, sebagian tenaga fungsional yang ada di UPT yang bergabung juga ditarik untuk aktif di kantor pusat di Medan.