23July2018

Home Berita Info Teknologi Pertanian Pembuatan Mie Basah Dari Tepung Umbi - Umbian Dengan Terigu

Pembuatan Mie Basah Dari Tepung Umbi - Umbian Dengan Terigu

User Rating:  / 0
PoorBest 

Pembuatan tepung  ubi jalar putih

Jenis ubi jalar putih yang digunakan adalah varietas lokal  yang kulitnya berwarna ungu dan daging buahnya berwarna putih ditanam masyarakat untuk konsumsi maupun untuk dipasarkan. Proses pembuatan tepung ubi jalar putih :

  1. ketebalan irisan yang sama (kira-kira 1,0-1,5 mm) menggunakan mesin penyawut. Setiap irisan ubi jalar putih masing-masing ditimbang sesuai dengan kebutuhan untuk untuk perlakuan fermentasi dengan ragi tape dengan dosis starter ragi tape yang digunakan masing-masing 100 gram/100 liter air, diaduk hingga rata, kemudian wadah fermentasi ditutup plastik.
  2. Perendaman selama 24 jam, ditiriskan, dipress dengan alat pengepres hidraulik, dikeringkan pada oven pengering multiguna selama 8-10 jam dengan suhu 60-70oC, dan digiling/ dihaluskan dan diayak 80 mesh.  Tepung ubi jalar putih yang diperoleh dari proses fermentasi tersebut disimpan dalam wadah kedap udara menggunakan plastik tupper ware.
  3. Hasil kajian menunjukkan bahwa rendemen dan warna tepung ubi jalar putih dari proses fermentasi menggunakan ragi tape, menghasilkan rendemen tertinggi (28,80%) dengan warna tepung cerah. Teknologi fermentasi dengan menggunakan ragi tape juga menghasilkan tepung ubi jalar putih dengan kandungan protein tertinggi (4,61%) dan hasil tersebut lebih tinggi dari kandungan protein tepung terigu (1,74 %).

Pembuatan mie basah

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan mie basah yaitu tepung komposit yang terdiri dari 60% tepung terigu dan 40 % tepung umbi-umbian. Serta bahan tambahan seperti 1 butir kuning telur, garam ¼ sendok teh makan (2,3 g),  air 100 ml. Total tepung komposit yang digunakan dari tepung ubi  jalar putih dan tepung terigu adalah 250 gram.

Adapun prosedur pembuatan adalah sebagai berikut:

 Adonan diaduk sampai kalis, kemudian digiling. Tali-tali mie yang dihasilkan dari proses penggilingan kemudian direbus 3 menit mengun

akan air secukupnya dan dicampur dengan 3-4 sendok teh minyak goreng. Hasil rebusan ditiriskan dan diaduk serta diolesi dengan minyak goreng supaya tali-tali mie tidak lengket, hasil ini disebut dengan mie basah. Diagram alir pembuatan mie basah, disajikan dalam Gambar 1.