18June2018

Home Berita Info Teknologi Pertanian Pemanfaatan Gel Lidah Buaya Sebagai Edible Coating Pada Buah Jeruk Siam Madu

Pemanfaatan Gel Lidah Buaya Sebagai Edible Coating Pada Buah Jeruk Siam Madu

User Rating:  / 1
PoorBest 

Edible coating dibuat dari gel (“daging”) lidah buaya dengan penambahan carboxymethylcellulose (CMC) 1%  dan gliserol 0,5 % dengan diagram alir seperti pada Gambar 1.  Dimana lidah buaya setelah disortasi kemudian dicuci hingga bersih. Dilakukan pengambilan empulurnya dengan pengupasan kulitnya. Bagian empulur dari daun lidah buaya kemudian dihancurkan, disaring sehingga menjadi jus lidah buaya. Setelah itu dilakukan pemanasan selama 15 menit. Selanjutnya didinginkan sampai suhu 28oC dan ditambahkan CMC serta gliserol, gel pun siap untuk digunakan sebagai edible coating.

 Untuk proses penggunaannya sebagai edible coating adalah sebagai berikut :

  1. Buah jeruk siam madu dipilih dengan tingkat ketuaan warna kulit buah hijau kekuningan.  Kemudian dilakukan sortasi untuk mendapatkan buah yang seragam baik bentuk maupun warna. Di samping itu perlu dipisahkan buah mulus, pecah dan luka.
  2. Aplikasi edible coating pada buah jeruk siam madu menggunakan metode pencelupan Buah jeruk siam madu dicelupkan ke dalam gel lidah buaya dengan perlakuan lama pencelupan 5 menit.
  3. Buah jeruk siam yang telah diberi perlakuan disimpan pada suhu  kulkas 4,0-5,0 ° C menggunakan wadah plastik (trays). Buah jeruk siam madu yang telah diberi edible coating dengan suhu simpan 4,0-5,0 oC dan RH 85,0 -95,0 % masih berpenampakan mutu mendekati penampakan buah segar 1 hari setelah panen. Teknologi edible coating pada buah jeruk siam madu memiliki umur simpan yang lebih lama jika disimpan pada suhu 15-20°C mencapai 7 minggu.