Home Berita Info Aktual Rapat Konfirmasi Data Lahan Sawah dan LTT Padi Provinsi Sumatera Utara

Rapat Konfirmasi Data Lahan Sawah dan LTT Padi Provinsi Sumatera Utara

User Rating:  / 0
PoorBest 

Selamat sore SobaTani Rakor data lahan sawah dan LTT Provinsi Sumut telah dilaksanakan di Hotel Garuda Plaza, Rakor dihadiri Dirjen Tanaman Pangan Kementan, yuk simak beritanya.

Rapat dilaksanakan menindaklanjuti arahan dari Direktur Akabi, Ditjen Tanaman Pangan selaku Penjab UPSUS Sumatera Utara mengenai evaluasi capaian LTT padi, jagung dan kedelai bulan Oktober 2018 serta penetapan target bulan November 2018 yang dilaksanakan di Kasuari Meeting Room, Hotel Garuda Plaza pada tanggal 31 Oktober dan 1 November 2018.

Rapat dipimpin oleh Penjab UPSUS Sumatera Utara (Dr. Ali Jamil) bersama Dirjen Tanaman Pangan (Dr. Sumarjo Gatot Irianto) dan dihadiri oleh Kepada Dinas Pertanian kabupaten/kota bersama petugas data serta Penjab UPSUS kabupaten/kota (kepala BPTP Balitbangtan Sumatera Utara (Dr. Khadijah EL Ramija, SPi, MP), Kasubdit Padi Irigasi dan Rawa, Kasubdit Kedelai dan Direktur Polbangtan). Pada rapat tersebut disampaikan capaian LTT Pajale bulan September dan Oktober 2018, target bulan November 2018 dan luas baku lahan sawah per kecamatan.

Pada hari pertama, 31 Oktober 2018 dilaksanakan pembahasan evaluasi LTT September 2018 update Garuda Plaza dengan rincian kesepakatan September untuk padi sawah seluas 123.816 hektar dan padi ladang seluas 53.895 hektar dengan total 177.771 hektar. SP September BPS untuk padi sawah seluas 113.557 hektar dan padi ladang seluas 48.473 hektar dengan total 162.030 hektar. Selisih antara kesepakatan September dengan SP September BPS adalah minus 15.681 hektar dengan persentase 91,18%.

Pada hari kedua, 1 November 2018 dilaksanakan pembahasan harga jagung di 32 kabupaten/kota Provinsi Sumatera Utara. Harga jagung kering sawah untuk harga terendah sebesar Rp 3.200/kg dan tertinggi Rp 4.000/kg sementara harga pipilan kering terendah Rp 3.000/kg dan tertinggi Rp 5.600/kg. Penjab UPSUS Sumatera Utara mengapresiasi kabupaten/kota yang menjaga kesepatakan September sehingga tercatat dengan baik sampai ke SP BPS antara lain yaitu Kabupaten Padang Sidempuan, Pakpak Bharat, Langkat, Karo dan Nias Barat. Sementara pada pembahasan evaluasi LTT Oktober antara kesepakatan (29 September 2018) dan Konfirmasi Garuda Plaza, Penjab UPSUS Sumatera Utara mengapresiasi kabupaten/kota yang berkontribusi lebih terhadap peningkatan data LTT Oktober, antara lain Kabupaten Nias, Mandailing Natal, tapanuli Tengah Tapanuli Utara, Labuhan Batu, Simalungun, Dairi, Langkat, Nias Selatan, Pakpak Bharat, Padang Lawas Utara dan Padang Lawas.