Home Berita Info Aktual Asesmen Ulang Laboratorium Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sumatera Utara standar BSN SNI ISO/IEC 17025:2017

Asesmen Ulang Laboratorium Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sumatera Utara standar BSN SNI ISO/IEC 17025:2017

User Rating:  / 0
PoorBest 

BPTP Balitbangtan Sumatera Utara telah dilaksanakan kegiatan asesmen ulang terhadap Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) Laboratorium Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sumatera Utara dengan nomor akreditasi LP-863-IDN. Komite Akreditasi Nasional (KAN) Direktur Akreditasi Laboratorium dan Lembaga Inspeksi menugaskan tim yaitu Salmeiningsih sebagai asesor kepala, Setyastuti Purwanti sebagai asesor dari instansi Fakutas Pertanian UGM dan Anjar Oktikawati sebagai asesor dari Badan Standarisasi Nasional untuk melaksanakan asesmen ulang sesuai dengan standar/pedoman BSN SNI ISO/IEC 17025:2017 pada tanggal 23-24 Oktober 2018.

Masing-masing asesor melakukan pemeriksaan berdasarkan beberapa aspek, yaitu aspek mutu dan pengujian kimia pupuk, aspek teknis pengujian kimia tanah dan daun, serta aspek mutu. Pada hari pertama Selasa, 23 Oktober 2018 pertemuan dibuka oleh Plt. Kepala Balai Ir. Akmal, MSi bersama dengan Kasubbag Tata Usaha Khairul Azmi, SP, MM yang dihadiri oleh Manajer Teknis, Deputi Mutu, Deputi Administrasi dan analis di Aula mini BPTP Balitbangtan Sumatera Utara. Dilanjutkan dengan tinjauan singkat ke fasilitas laboratorium oleh asesor didampingi oleh manajemen laboratorium bersama staf.

Verifikasi penerapan ISO/IEC 17025:2017 pada aspek mutu dilakukan pengecekan kesesuaian terhadap persyaratan umum, struktural, sumber daya, proses dan manajemen yang didampingi oleh Manajer Teknis dan Deputi Mutu. Sementara pada aspek teknis, dilakukan pengecekan kesesuaian pada efektivitas tindak lanjut hasil asesmen sebelumnya, asesmen persyaratan sumberdaya, proses dan wawancara dengan calon penanda tangan sertifikat hasil uji yang didampingi oleh Manajer Teknis dan analis. Seluruh manajemen laboratorium dan staf berusaha maksimal untuk mempertahankan akreditasi laboratorium yang ketiga.

Pada hari kedua Rabu, 24 Oktober 2018 dilaksanakan laporan dan konfirmasi ketidaksesuaian Laboratorium Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sumatera Utara oleh tim asesmen secara langsung kepada Plt. Kepala Balai dan manajemen laboratorium bersama staf. Tim asesor pada laporannya menyampaikan bahwa sistem manajemen mutu laboratorium sudah berupaya menerapkan penyesuaian ke ISO/IEC 17025:2017 dan merekomendasikan laboratorium mendapatkan akreditasi setelah melakukan tindakan perbaikan dengan hasil memenuhi dalam waktu yang sudah disepakati. Pada akhir acara, pertemuan ditutup oleh Plt. Kepala Balai yang dalam penyampaiannya mengharapkan agar temuan ketidaksesuaian dapat dilakukan perbaikan dengan segera sehingga laboratorium kembali mendapatkan akreditasi.