Home Berita Info Aktual Pelatihan Pengkajian Sistem Penggembalaan Sapi- Sawit Mendukung Swasembada Daging Sapi di Sumatera Utara

Pelatihan Pengkajian Sistem Penggembalaan Sapi- Sawit Mendukung Swasembada Daging Sapi di Sumatera Utara

User Rating:  / 0
PoorBest 

Kepala desa Bapak Edy Saputra melalui sambutannya menyatakan bahwa di desa ini terdapat perkebunan kelapa sawit paya pinang seluas 707, 4 ha. Selama ini peternak rakyat sudah melakukan pengembalaan sapi dibawah kebun sawit tanpa ada peraturan yang mengikat dengan adanya kegiatan ini diharapkan ada sentuhan teknologi kepada petani setempat.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan dan pengenalan profil BPTP Balitbangtan Sumut dan penyerahan simbolis legum (Indigofera Sp) yang memiliki kandungan  sumber protein tinggi.

Selanjutnya pemaparan penerapan sistem integrasi sapi- sawit dari dewan riset daerah/ dosen Universitas Sumatera Utara: Prof Dr. Hasnudi menegaskan bahwa prinsip sistem integrasi sawit-sapi adalah memanfaatkan semua potensi mendukung pengembangan populasi sapi di Sumatera utara termasuk zeroaste.

Pengaruh pengembalaan sapi di kebun kelapa sawit terhadap konvaksi tanah disampaikan oleh Setia Sari Phd menyatakan perlu pengaturan rotasi pengembalaan untuk mengurangi konvaksi tanah. Penguatan kelembagaan kelompok peternak dari Dinas Ketahanan Pangan  bapak Amri, Spt. Acara ditutup dengan pembuatan mineral blok (Sri Haryani, Spt) dan pengolahan pupuk organik (Khairiah ). Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemasang perangkap feromon untuk hama kumbang badak dan pengamatan penyakit Ganoderma pada kelapa sawit.