Home Berita Info Aktual Penyerahan Caplak Jajar Legowo 2 : 1 kepada Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan

Penyerahan Caplak Jajar Legowo 2 : 1 kepada Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan

User Rating:  / 1
PoorBest 

Menindaklanjuti hasil Rakor upsus yang telah dilaksanakan  kemarin di Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan, hari ini tanggal 09 oktober 2018 BPTP Sumut diwakili oleh LO menyerahkan caplak Jajar Legowo 2: 1 yang diterima langsung oleh ibu Sekretaris Dinas Pertanian dan Perikanan kota Medan ( Asrah FM Harahap, MM), beserta staff Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan. Pada kesempatan ini juga diserahkan lefleat Jajar Legowo dan buku teknis jajar legowo super.

Jajar legowo adalah sistem penanaman padi sawah dengan cara pengaturan jarak tanam. Manfaat sistem tanam jajar legowo yaitu dapat menambah populasi, mempermudah perawatan tanaman, mengurangi OPT, meningkatkan hasil produksi padi.

Sistem tanam jajar legowo 2:1 cara tanam yang memiliki 2 barisan kemudian diselingi oleh 1 baris kosong. Dimana setiap baris pinggir mempunyai jarak tanam setengah kali jarak tanam antar barisan. Dengan demikian jarak tanam legowo 2:1 adalah 25 cm (antar barisan) x 12,5 cm (barusan pinggir) x 50 cm (barisan kosong) atau 20 cm x 10 cm x 40 cm. Diharapkan dengan adanya penyerahan caplak ini dapat meningkatkan target luas tambah tanam di kota Medan.