Home Berita Info Aktual Kabupaten Langkat Panen

Kabupaten Langkat Panen

User Rating:  / 0
PoorBest 

Padi merupakan komoditas pangan strategis yang berperan sebagai sumber pangan utama masyarakat Indonesia. Guna memenuhi kebutuhan pangan nasional khususnya padi, Kementerian Pertanian melalui Balitbangtan terus berupaya menghasilkan berbagai teknologi yang dapat meningkatkan hasil produksi.

Kabupaten Langkat merupakan salah satu kabupaten penghasil beras terbesar di Sumatera Utara, kabupaten ini mampu mencapai swasembada pangan khususnya beras selama 6 tahun berturut-turut. Capaian tersebut tentunya tidak terlepas dari peran instansi terkait salah satunya BPTP Balitbangtan Sumut.

Hari ini Kabupaten Langkat panen kembali, panen kali ini dilakukan di Poktan Mekar Desa Aman Damai Kecamatan Serapit Kabupaten Langkat seluas 5 ha pada hamparan 20 ha, varietas yang ditanam Inpari 30, hasil provitas mencapai 7 ton/ha. Harga GKP berkisar Rp. 4.300/kg.

Kecamatan Serapit memiliki irigasi teknis, petani telah menanam 3 kali dalam setahun (IP 3) petani setempat juga telah menerapkan tanam Jarwo 4: 1 dan penggunaan VUB Balitbangtan sesuai rekomendasi teknologi yang telah didiseminasikan BPTB Balitbangtan Sumut.