Home Berita Info Aktual Rapat Evaluasi UPSUS Pajale dan Percepatan Luas Tambah Tanam (LTT) di wilayah Kodam I/BB Ta. 2018

Rapat Evaluasi UPSUS Pajale dan Percepatan Luas Tambah Tanam (LTT) di wilayah Kodam I/BB Ta. 2018

User Rating:  / 0
PoorBest 

Dalam rangka meningkatkan produktivitas padi jagung kedelai dalam program pencapaian luas tambah tanam, Kodam I BB menggelar Rakor Upsus Pajale (padi, jagung, kedelai) di wilayah Kodam I BB,  bertempat di Aula Ruang Manunggal Lt. 5 Kantor Kodam I Bukit Barisan, Senin ( 24/09/2018)

Rakor dihadiri oleh Kasdam I BB, Dandim, Kasiter Korem, Pasiter lingkup jajaran Kodam I B, PJ UPSUS Provinsi, Kadis TPH Provsu, BPTP Balitbangtan Sumut, Kadis Kabupaten/Kota, Sim TP dan LO. Rakor bertemakan " Melalui Pembinaan Ketahanan Pangan Prajurit TNI AD Siap Mendukung Pemerintah dalam Mewujudkan Upaya Khusus Swasembada Pangan sebagai Pilar Perekonomian Bangsa Dengan Memanfaatkan Sumber Daya Alam yang ada di wilayah".

Pangdam I BB yang diwakili oleh Kasdam menyampaikan bahwa Rakor bertujuan  untuk mengevaluasi dan memonitoring pencapaian target LTT UPSUS Pajale di wilayah Sumatera Utara. Berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan secara intensif oleh jajaran Kodam I BB, antara lain kegiatan Serapan Gabah, Luas Tambah Tanam dan Cetak Sawah Baru,  kegiatan tersebut belum bisa optimal dan belum mencapai target, oleh karena itu Kasdam I BB mengajak seluruh pihak yang terlibat,  melalui rakor ini dapat segera mendiskusikan,merumuskan dan menyepakati bersama langkah konkret untuk upaya pencapaian target UPSUS Pajale di Provinsi Sumut.

Arahan dilanjutkan oleh Penjab UPSUS Provinsi Sumut, Dr. Ali Jamil, beliau mengatakan bahwa Provinsi Sumut telah berhasil dalam melakukan peningkatan LTT Pajale secara signifikan, dimana delta peningkatan LTT tahun 2018 paling tinggi dibandingkan dengan provinsi lain secara nasional, hal itu membuktikan kerja keras kita bersama dapat membuahkan hasil secara optimal. Beliau menyampaikan bahwa pencapaian target LTT dapat dilakukan melalui peningkatan produksi dan produktivitas dengan pemanfaatan lahan marginal atau lahan suboptimal, pada lahan kering dan lahan pasang surut, selain itu dapat dilakukan melalui optimalisasi pengaturan jumlah populasi tanaman dan rekayasa sistem tanam dengan menerapkan teknologi tumpangsari.

Terjadi peningkatan LTT Pajale periode Okt-Agust 2017/2018 sebesar 15,7% dibandingkan periode 2016/2017, dimana realisasi Okt-Agust 2016/2017 sebesar 857.367 ha dan Okt-Agust 2017/2018 meningkat menjadi 1.016.876 ha. Target LTT periode Okt-Sept 2017/2018 sebesar 1.216. 699 Ha, sehingga masih ada kekurangan sekitar 199.823 ha yang harus dicapai pada bulan September.

Rakor dilanjutkan dengan pemaparan pencapaian LTT Upsus Pajale dari masing-masing wilayah Korem lingkup Kodam I BB yang langsung dipimpin oleh Aster Kodam I BB. Paparan meliputi capaian realisasi LTT Pajale, capaian Sergap, progres  cetak sawah baru dan permasalahan serta kendala yang terjadi di lapangan pada wilayahnya masing-masing.