Home Berita Info Aktual Tanam Perdana Padi Gogo, Upaya Meningkatkan LTT Kabupaten Langkat

Tanam Perdana Padi Gogo, Upaya Meningkatkan LTT Kabupaten Langkat

User Rating:  / 0
PoorBest 

Salah satu upaya dalam percepatan pencapaian swasembada pangan utamanya padi, telah dilakukan Kementerian Pertanian melalui Balitbangtan Pertanian dengan melaksanakan program peningkatan produksi dan produktivitas padi melalui optimalisasi pemanfaatan pada lahan marginal atau lahan suboptimal.

Dukungan teknologi budidaya padi spesifik agroekosistem mutlak diperlukan. Balitbangtan sebagai lembaga litbang pertanian telah dan terus berinovasi dalam menciptakan, mengembangkan dan memperbaiki teknologi budidaya padi di lahan kering sesuai dengan dinamika perubahan preferensi masyarakat maupun dinamika perubahan iklim global saat ini.

Dalam upaya meningkatkan luas tanam  melalui optimalisasi pemanfaatan lahan kering di Kabupaten Langkat, BPTP Balitbangtan Sumut Tahun 2018 melakukan kegiatan Demplot Teknologi peningkatan produksi padi gogo, pada hari ini dilakukan penyerahan benih padi gogo varietad Batu Tegi sekaligus tanam perdana padi gogo untuk kegiatan Upsus Pajale di Kecamatan Sirapit Kabupaten Langkat.

Acara dihadiri oleh Peneliti senior, Penyuluh BPTP Balitbangtan Sumut, LO, Koordinator Penyuluh Kecamatan Sirapit, PPL dan Ketua Poktan. Demplot kegiatan ini dilaksanakan seluas 10 ha, yang dilaksanakan di Poktan Pelita Rahayu Desa Serapit dan Poktan Sejagat Desa Sumberjaya. Varietas padi gogo yang ditanam Batutegi dengan potensi hasil 6 ton/ha.

Ir. Akmal, MSi, selaku peneliti senior padi di BPTP Balitbangtan Sumut menjelaskan bahwa padi gogo merupakan Jenis padi yang dapat hidup di lahan kering atau lahan yang tidak memiliki jumlah air yang melimpah, namun demikian sangat baik jika ditanam pada musim hujan yang saat ini di Kabupaten Langkat sudah memasuki awal musim penghujan selain itu petani sebaiknya memberikan perlakuan sesuai teknologi PTT Padi gogo serta pemupukan diberikan sesuai  hasil rekomendasi PUTK.