Home Berita Info Aktual BPTP Balitbangtan Sumut Menyiapkan Benih Kopi Sebanyak 119.000 Untuk Petani di Sumatera Utara

BPTP Balitbangtan Sumut Menyiapkan Benih Kopi Sebanyak 119.000 Untuk Petani di Sumatera Utara

User Rating:  / 0
PoorBest 

Salah satu  upaya peningkatan produktivitas tanaman adalah melalui penggunaan varietas unggul.  BPTP Sumatera Utara tahun 2017 melaksanakan perbenihan tanaman perkebunan dan hortikultura diantaranya perbenihan kopi Arabika yang bertempat di Tampahan Kebun Percobaan Gurgur, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) dan KP. Tongkoh Kab. Karo. Sebanyak 119.000 benih kopi  varietas sigarar utang dan Gayo sudah disiapkan untuk diberikan kepada petani yang membutuhkannya.Saat ini kondisi benih kopi siap salur sudah didistribusikan ke petani yang membutuhkannya yang disetujui  melalui CPCL yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan.

Sejak bulan Juni  2018  sebanyak 40.000  dari 119.000 benih sudah didistribusikan kepada sejumlah daerah  Kab. Toba Samosir,Kab. Humbahas dan  Kab. Karo . Penyerahan benih kopi dilakukan berdasarkan permohonan kelompok tani melalui CPCL dan diharapkan lokasi penerima merupakan kawasan pengembangan komoditi kopi. Benih sebar kopi Arabika yang diperbanyak merupakan varietas yang sesuai dengan agrekosiatem dan yang sudah beradaptasi di lokasi pengembangan serta disukai oleh petani karena produktivitasnya tinggi.

Salah satu upaya pemanfaatan kebun percobaan seperti KP Gurgur dan KP Tongkoh untuk perbenihan kopi sudah dapat dirasakan petani karena benih sebar yang sudah ditanam petani menunjukkan pertumbuhan yang baik di lapangan.
Bantuan pemerintah untuk petani  berupa benih kopi bermutu diharapkan mampu meningkatkan pendapatan petani kedepan karena petani mampu menanam dan mengembangkan pertaniannya karena pemerintah sudah memfasilitasi benih bermutu dan bersertifikat. ' Excellent seed for better production".