Home Berita Info Aktual Panen Dari Kabupaten Langkat

Panen Dari Kabupaten Langkat

User Rating:  / 0
PoorBest 

Asal muasal kata "Langkat" berasal dari nama jenis pohon yang dikenal oleh penduduk melayu setempat dengan sebutan "pohon langkat",  oleh karena kerajaan Langkat jaman dulu terletak di aliran sungai langkat,  akhirnya sampai saat ini daerah tersebut lebih populer dengan sebutan kerajaan Langkat, hingga saat ini disebut dengan Kabupaten Langkat.

Hari ini panen tak hentinya di Kabupaten Langkat, panen masih berlanjut di Poktan Sinar Harapan Desa Padang Cermin  Kecamatan Selesai, petani setempat bersuka cita dengan hasil panen musim tanam kali ini, mereka bertanam menggunakan Varietas Unggul Balitbangtan Inpari 32 dengan hasil mencapai 8,4 ton/ha dengan luas panen 17 ha dari hamparan 25 ha.

Petani telah merasakan dampak positif dari kegiatan UPSUS Pajale yang telah dilakukan sejak tiga tahun terakhir,  menurut informasi PPL setempat, Bapak Muslim bahwa  harga GKP berkisar Rp. 4.300/kg dan beras Rp. 9.500/kg.

Selanjutnya BPTP Balitbangtan Sumut melalui LO siap mengawal dan mendampingi petani untuk pengenalan varietas dan teknologi terbaru Balitbangtan lainnya  guna peningkatan hasil produksi dalam mewujudkan swasembada pangan di Kabupaten Langkat.