Home Berita Info Aktual Panen Dari Kabupaten Deli Serdang

Panen Dari Kabupaten Deli Serdang

User Rating:  / 0
PoorBest 

Padi merupakan komoditas strategis yang masih terus di panen di berbagai wilayah Sumatera Utara, salah satunya di Kabupaten Deli Serdang yang memiliki 22 kecamatan.

Panen dilakukan di Desa Talun kenas dengan luas sawah 53 ha dan desa negara beringin dengan luas 140 ha yang berada di kecamatan STM Hilir, selanjutnya panen juga dilakukan di Desa Tanjung mulia dengan luas 64 ha di kecamatan pagar Merbau kab Deli Serdang

Ditengah hamparan padi yang menguning, Mesin combain harvester, treser dan gepyok sudah berada di tengah sawah untuk merontokkan bulir-bulir padi dari tangkainya. Regu panen dengan sigap memindahkan bulir padi ke karung dan mengangkat ke pematang sawah yang selanjutnya dibawa oleh truk ke penggilingan. Hasil panen rata-rata dengan produktivitas saat ini 6-7,5 ton/ha dengan harga berkisar Rp. 4.800 - 5.200.

Varietas padi yang digunakan beragam dari Ciherang, Mekongga dan Inpari. BPTP Balitbangtan Sumut, Babinsa dan PPL memberi semangat buat para petani untuk melakukan panen dan menyarankan setelah panen agar langsung olah tanam dan tanam kembali, selain itu BPTP Balitbangtan Sumut juga menyarankan untuk menggunakan VUB untuk meningkatkan hasil dan pendapatan petani karena VUB Balitbangtandapat mengendalikan hama penyakit dan dapat menghasilkan produksi yang tinggi.