Home Berita Info Aktual Kajian Usahatani Padi Sawah Bukaan Baru di Sumatera Utara

Kajian Usahatani Padi Sawah Bukaan Baru di Sumatera Utara

User Rating:  / 1
PoorBest 

Selamat siang SobaTani Asean Games telah berlalu, pejuang tanggung sudah menyumbangkan 31 emas dengan ketekunan, perjuangan, dan air mata. Saatnya peneliti BPTP Sumut yang diwakili oleh Penjab. kegiatan, Dr.Setia Sari Girsang, Ph.D. kembali ke sawah dengan menyumbangkan keahliannya untuk menghasilkan bulir-bulir emas padi yang berkualitas untuk kemakmuran petani. Mari simak beritanya.

Kegiatan penyerahan dan perendaman benih varietas unggul baru (VUB) seperti Inpari 30, 32, 33, 36, 42, 43, dan mekongga dilaksanakan pada tanggal 3-4 September 2018 di kelompok tani Bunud dan Purwodadi, Desa Sei Silau Barat, Kecamatan Setia Janji, Kabupaten Asahan, selanjutnya pada tanggal 6-7 September 2018 di kelompok tani Sukmatani, Desa Kolam, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang untuk luas masing-masing 5 ha.

Selain VUB, teknologi yang disampaikan adalah teknologi pemupukan spesifik lokasi (layanan konsultasi padi, perangkat uji tanah sawah, dan katam terpadu), populasi tanaman > 200.000 tan/ha, jarak tanam (jajar legowo 2:1 dan 4:1), pengendalian OPT, hemat air dgn pengairan berselang, tanam dan panen dengan alsintan.

Kegiatan diawali dengan konsultasi dan koordinasi dengan Dinas Pertanian Provinsi ttg lokasi lahan sawah bukaan baru > dan < 5 tahun, koordinasi dgn dinas pertanian kabupaten ttg lokasi dan teknologi yang dibutuhkan, serta survey untuk mengetahui produksi dan analisis usahatani padi yg eksis saat ini.

Turut hadir dalam acara ini antara lain PPL, Kasie bidang perbenihan dan penyuluhan, peneliti dan teknisi BPTP, serta ketua kelompok tani dan anggota.
Rencana kegiatan tanggal 12-15 September 2018 yakni klasifikasi tanah lahan bukaan baru oleh peneliti BBSDLP, pemasangan alat pengukur data iklim (curah hujan, kecepatan angin, radiasi matahari, dan suhu) untuk melihat potensi hasil didaerah penelitian oleh BMKG Medan.