Home Berita Info Aktual Peringatan Hari Pangan Se-Dunia (HPS) ke-38 Tingkat Provinsi Sumatera Utara

Peringatan Hari Pangan Se-Dunia (HPS) ke-38 Tingkat Provinsi Sumatera Utara

User Rating:  / 0
PoorBest 

Peringatan Hari Pangan Se-Dunia (HPS) ke-38 tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu) dan Hari Krida Pertanian ke-46  dilaksanakan Rabu, 5 September 2018 bertempat di Pekan Raya Sumatera Utara. Acara dihadiri sekitar 2.000 orang, jumlah tersebut terdiri dari masyarakat umum, petani, kelompok tani dan Gapoktan dari kabupaten kota, Tim Penggerak PKK provinsi dan kabupaten kota Sumut, Dinas Pemerintahan Provsu dan kabupaten kota serta SKPD lainnya.

Pada tahun ini, tema yang diusung dalam perhelatan akbar tersebut yaitu Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Rawa Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045 dan dengan Semangat Hari Krida Pertanian Kita Tingkatkan Penguasaan Teknologi dan Inovasi Petani Menuju Kemandirian dan kedaulatan Pangan.

Melalui pelaksanaan peringatan ini  diharapkan dapat membangun kesadaran masyarakat arti penting pangan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di tingkat keluarga regional dan nasional. Selain itu, juga menumbuhkan dukungan dan partisipasi masyarakat guna memperkuat pembangunan ketahanan pangan.

Sedangkan untuk kegiatan yang dilaksanakan pada HPS tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,  dilaksanakan pameran dan bazar dari dinas terkait serta penyerahan bantuan kepada kelompok Tani.

BPTP Balitbangtan Sumut berkontribusi melalui stand pameran, sesuai tema yang diusung, para penyuluh menampilkan  berbagai komoditas unggulan Balitbangtan seperti tanaman Cabai Temper, Bawang merah, bibit Jengkol, serta tanaman sayuran lainnya yang dihasilkan dari Taman Agroinovasi BPTP Balitbangtan Sumut. Terlihat antusias para pengunjung stand BPTP Balitbangtan Sumut yang mayoritas dari kalangan ibu rumah tangga dan petani, mereka membeli beranekaragam sayuran yg dijual di Stand.