Home Berita Info Aktual Panen Padi Sawah Di Poktan Saroha Kota Tanjungbalai

Panen Padi Sawah Di Poktan Saroha Kota Tanjungbalai

User Rating:  / 0
PoorBest 

Pelaksanaan panen padi bersama di Kelompok Tani (Poktan) Saroha Kelurahan Sirantau, Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai dilaksanakan pada Senin, 03 September 2018. Kepala Dinas Pertanian Kota Tanjungbalai (drh. Muslim) ikut memantau pelaksanaan panen padi sawah oleh petani bersama dengan Kepala Subbagian Program, Kepala Bidang Pertanian, Kepala Seksi Pengembangan Sumberdaya Pertanian, Statistik, PPL dan KCD.

Panen padi sawah bersama yang dilaksanakan merupakan padi varietas Ciherang dengan produktivitas 6,4 ton GKP per hektar di lahan sawah seluas 2 hektar. Harga gabah kering panen di petani saat ini mencapai Rp 4.400 per kg. Kepala Dinas Pertanian Kota Tanjungbalai melalui SIMTP menyampaikan bahwa kegiatan panen bersama merupakan bentuk pendampingan pemerintah kepada petani khususnya di Poktan Saroha dalam rangka mendukung upaya khusus padi agar tetap berlangsungnya swasembada yang berkelanjutan. Dalam membantu petani, bukan hanya membantu pada saat panen saja, namun sejak mulai pembibitan hingga panen ikut terjun di lapangan baik dalam penanaman, pemeliharaan atau perawatan hingga panen bersama.

Pihak Dinas Pertanian Kota Tanjungbalai melalui KCD dan PPL selalu siap mendampingi para petani, dengan cara mengoptimalkan peran para PPL di desa binaannya masing-masing dan selalu siap berkoordinasi dengan pihak terkait salah satunya yaitu TNI serta pihak manapun demi suksesnya program swasembada pangan Kota Tanjungbalai.